Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Tips Menjaga Kesehatan Kerja Shift Malam

Diposting oleh On 10.09.00 with No comments

gbr. ilustrasi

LenteraJogja, Yogya - Banyak macam profesi  menuntut  kita untuk kerja shift malam seperti polisi, tentara, security, tenaga medis, kondektur, pilot,masinis driver, penulis berita. Dengan kerja malam dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan seperti peningkatan risiko masalah  gangguan pencernaan, penyakit jantung, hingga obesitas. Kerja shift malam hari dapat menyebabkan gangguan kemampuan tubuh untuk merecovery kerusakan DNA. Selain itu, kadar melatonin ditubuh juga bisa menurun,  hormon tersebut adalah yang bertanggung jawab untuk mengatur jam biologis tubuh.  

Berikut ini adalah tips untuk menjaga kesehatan tubuh meskipun kerja shift malam. 

1. Atur pola tidur

Orang dewasa membutuhkan tidur antara 7-9 jam tiap malam. Jika kurang, kita akan berhutang tidur. Untuk membayar hutang tidur kita. Sepulang dari bekerja hendaknya kita dapat meluangkan waktu sekitar 7 sampai 9 jam untuk beristirahat. 

2. Merencanakan Pola makan sehat

gbr. ilustrasi

Bagi mereka yang bekerja shift malam dapat mengalami peningkatan risiko obesitas dikarenakan pola makan yang tidak teratur dan gangguan jam biologis tubuh. Kita harus pandai untuk merencanakan pola makan, agar tubuh kita tetap sehat selama kerja malam dan lebih nyaman ketika tidur. Makanlah dengan pola makan sehat. yaitu dengan makan camilan yang sehat untuk menghindari rasa mengantuk karena kekenyangan. 
Pilih makanan yang mudah dicerna seperti buah-buahan, nasi, produk susu, dan sayuran. Menghindari makanan yang sulit dicerna seperti makanan olahan, makanan atau minuman yang manis dan gorengan serta batasi minum kopi agar tidak menyebabkan gangguan pencernaan dan kram otot. Pastikan jika hendak meminum kopi 6 jam sebelum tidur agar kualitas tidur Anda bisa efektif dan maksimal.

3. Tidur diwaktu siang hari

Dengan  tidur yang kurang dimalam hari, anda dapat menambah kualitas tidur Anda dengan tidur siang hari setidaknya selama 45 menit saat tidur, dengan begitu tubuh akan lebih menjadi fresh. (ISD)




Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »