Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Website Telkomsel Kena Hack

Diposting oleh On 03.32.00 with No comments

Foto : Istimewa

Lenterajogja.com, Yogya - Dunia maya dihebohkan dengan diretasnya situs web Telkomsel oleh oknum hacker yang tidak bertanggungjawab pada Jumat (28/4/2017) pagi. 

Peretasan ini adalah bentuk protes dan kekesalan hacker atas mahalnya tarif internet Telkomsel. Pakar keamanan siber, Pratama Persadha mengungkapkan bahwa aksi peretasan ini bisa menyerang siapa saja. Namun, ia menilai Telkomsel sebagai operator seluler terbesar di Tanah Air menjadi objek peretasan yang sangat menarik.

Peretasan situs web Telkomsel menjadi sinyal serius bagi kita semua, terutama pemerintah. Kemampuan meretas semakin lama semakin canggih dan cepat meluas. Butuh langkah ekstra agar perusahaan lain aman dari upaya peretasan selanjutnya, seperti dikutip dari liputan6 Jumat (28/4/2017).

Pratama yang juga Chairman lembaga riset keamanan siber Communication and Information System Security Research Center (CISSReC) ini menjelaskan umumnya mengubah tampilan pada objek peretasan (deface) adalah hacker atau kelompoknya ingin menunjukkan eksitensi.

Dalam kasus Telkomsel, hacker tidak menyebutkan identitasnya, tetapi malah memberikan semacam peringatan bagi Telkomsel untuk menurunkan tarif internet. "Setelah aksi ini, mungkin akan banyak dilakukan peretasan untuk menyampaikan aspriasi mereka," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, hacker tersebut mengubah tampilan situs web Telkomsel (deface) dengan menyematkan pesan dengan kata-kata tidak pantas. Pesan itu juga muncul di tampilan hasil pencarian Telkomsel di Google dengan tampilan kata "FUCK TELKOMNYET"

Peretasan situs web Telkomsel pun mendapat banyak perhatian dari netizen. Alih-alih prihatin, netizen justru mengucapkan terima kasih pada hacker yang berhasil meretas laman tersebut.

Sumber : dari berbagai sumber

(ISD)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »