Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Tips Mencegah Kampas Kopling Motor KLX/D-Tacker Mengalami Gosong

Diposting oleh On 22.22.00 with No comments



Lenterajogja.com, Yogya - Melihat banyaknya kasus kampas kopling KLX/D-Tracker yang mengalami gosong. Kebetulan juga salah satu anggota tim lenterajogja ada yang suka mengendarai motor kawasaki tersebut, Sabtu (22/4/2017).

Disini lenterajogja, akan berbagi sedikit tips agar motor Anda sekalian tetap prima disegala situasi dan menghindari masalah kampas kopling gosong.
Ada pintu lebar, Anda malah gali lubang biar masuk rumah
Begitulah perumpamaan yang iseng bikin lubang dirumah kopling. Sebenarnya tidak ngaruh, tapi akan membikin kerjaan saja. Lubangnya cuma seuprit bikin banyak kasus. Malah pada rompal rumah koplingnya.

Sebenarnya penyebab utamna yang bikin kampas gosong itu karena kurang oli, bukan karena kurang lubang. 

Oli yang kita isi kedalam mesin jumlahnya menyusut, dari yang isinya 1L ataau 1,2 L. Jumlahnya berkurang drastis hingga tinggal 3/4 nya atau malah ada yang sisa setengahnya.

Kurangnya oli biasanya disebabkan karena oli menguap ketika pemakaian, ini gak lebih dari 5%. Jika lebih dari 10% biasanya ada yang rembes ke ruang bakar. Bisa dari ring pistonnya yang sudah aus, dari seal klep, dari rembesan paking/seal as gear atau bisa juga dari O ring yang ada dibaut jalur oli cylinder blok. Banyak jugakan penyebabnya.

Solusi Mengatasi masalah Kampas Kopling Gosong
Solusinya gimana? jika hanya penguapan, biasanya hanya dicek aja tiap minggu atau tiap kali mau adventure.

Tambah 100 ml jika buat harian aja dan tambah 200 ml jika buat adventure jika ternyata ketika dicek berkurang. Tapi jika setiap penggantian berkurang lebih dari 20% lakukan pengecekan atau penggantian ring piston, seal klep atau O ring baut saluran oli.

Hilangkan budaya primitif dengan mengganti oli hanya berdasarkan waktu bulan. Gantilah oli berdasarkan pemakaian. Semoga bermanfaat.
Salam braaap !!

(ISD)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »