Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Makan Di Malam Hari Bikin Gemuk? Mitos Atau Fakta

Diposting oleh On 06.32.00 with No comments



Lenterajogja.com, Yogya -  Makan di malam hari bagi kebanyakan orang dianggap sebagai malapetaka terutama bagi orang yang melakukan program diet, karena dituding sebagai penyebab naiknya berat badan seseorang, Jumat (17/2/2017).

Menurut informasi yang berhasil dihimpun tim lenterajogja bahwa kegemukan dapat disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari faktor genetik, hormonal, pengaturan pola makan, aktivitas fisik, pola tidur, kebiasaan sehari-hari, dan faktor-faktor lainnya.

Secara ilmu medis, terjadinya kegemukan menurut teori keseimbangan energi. Kegemukan terjadi jika energi yang masuk ke dalam tubuh melebihi energi yang keluar. Tubuh mendapatkan energi dari asupan makanan yang Anda konsumsi. Sedangkan energi dikeluarkan untuk menjalankan fungsinya seperti fungsi metabolisme, bergerak, berpikir, dan lainnya.

Kegemukan terjadi karena asupan makanan yang melebihi kebutuhan energi tubuh. Tanpa disadari, perilaku hidup sedentari lekat dengan kebiasaan menonton televisi sambil ngemil makanan ringan. Pada pekerja kantoran, terutama para pekerja dengan sistem sift. Kebiasaan ini kerap dilakukan di malam hari biasanya setelah pulang dari kantor.

Secara otomatis menyebabkan asupan energi yang berlebihan, sehingga berujung pada kegemukan. Namun jika dikaji lebih dalam, yang menyebabkan kegemukan bukanlah waktu makannya. Melainkan jumlah total makanan yang dikonsumsi.

Sebenarnya untuk aturan makan dimalam hari tidak akan membawa dampak apapun jika Anda tetap makan di waktu lain dengan jumlah total asupan kalori yang sama banyaknya. Anda tetap tak akan bisa menghindar dari kegemukan.

Jadi menurut penelusuran informasi dan sumber yang berhasil dirangkum oleh lenterajogja.com sebenarnya makan di malam hari bukanlah sebuah masalah. Dengan rincian, total asupan makanan yang dikonsumsi secara keseluruhan sesuai dengan jumlah kebutuhan energi tubuh.

Untuk mengatasi agar Anda tidak kegemukan, pastikan Anda membatasi asupan makanan sesuai kebutuhan, kalau bisa usahakan  berolahraga secara rutin dan teratur untuk pengeluaran energi tubuh yang lebih efektif sekaligus menjaga kesehatan tuhuh.

(ISD)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »