Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Saksikan Supermoon Terbesar Pada 14 November 2016

Diposting oleh On 22.02.00 with No comments

Foto : Istimewa

Lenterajogja.com, Yogya - Saksikan supermoon terbesar dan terlihat jelas dari bumi pada 14 November 2016 mendatang.

Bulan akan mencapai titik terdekatnya dengan Bumi pada tanggal tersebut, dan sedang pada fase penuh atau Bulan Purnama. Nantinya, bulan akan terlihat 30 persen lebih cerah dan 14 persen lebih terlihat besar dari biasanya. Berbeda dengan Supermoon yang sebelum-sebelumnya, pasalnya keadaan Bulan sedekat ini dengan Bumi adalah pada Januari 1948 silam. Keadaan ini pun akan terulang masih 18 tahun lagi, yakni 25 November 2034. Jadi, supermoon 14 November ini akan jadi supermoon yang spesial. Dilansir dari Daily Mail yang dikutip dari NASA, Sabtu (5/11/2016).

NASA menyatakan bahwa supermoon ini spesial karena bulan akan berada dalam fase full selama dua jam perigee. Hal ini berarti kita akan menikmati bentuk bulan terbesar hanya selama dua jam bulan tersebut berada di titik terdekat dengan Bumi. Setelah itu, bulan perlahan menjauh, namun tetap akan terlihat lebih besar dan terang dari biasanya. Supermoon sendiri memang fenomena yang akan selalu terjadi. 

Hal ini dikarenakan orbit bulan dalam mengelilingi Bumi tidak sepenuhnya bulat. Bahkan berbentuk lonjong. Jadi Bulan akan selalu mencapai titik terdekat dengan Bumi (perigee), dan juga titik terjauh dari Bumi (apogee). Ketika pada jarak terdekat dengan Bumi, perbedaan jarak Bulan ketika berada di titik terjauh bisa mencapai 50 ribu kilometer. Hal ini membuat pada supermoon, bulan akan nampak jauh lebih besar dan lebih terang.

Buat sobat semua jangan sampai ketinggalan menyaksikan fenomena dahsyat dan langka ini. selamat menikmati.

(ISD)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »