Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Racikan Bumbu Sate Sapi, Persiapan Sajian Lezat Idul Adha

Diposting oleh On 10.06.00 with No comments

Foto : istimewa


Lenterajogja.com, Yogya- Menyambut Idul Adha, tentunya banyak varian masakan daging yang akan disuguhkan, salah satuya masakan sate, di era modern sate sapi dapat diracik dengan beragam bumbu. Yang manis, gurih atau pedas.

Sate sapi umumnya dibuat dari irisan daging has luar atau has dalam sapi. Kemudian disajikan dengan sambal kacang, kecap manis dan irisan cabai rawit.

Varian yang satu ini, irisan daging sapi direndam dulu dengan bumbu selama beberapa jam. Kemudian baru ditusuki dan dibakar. Bumbunya lebih meresap dan rasanya lebih enak. Tinggal tambah acar dan sambal.

Kalau ingin berkreasi dengan sajian sate sapi yang berbeda untuk hari raya Idul Adha, ada banyak varian bisa dicoba.

1.  Bumbu Kecap Asam
Kelezatan bumbu ini sungguh memukau, asam manis segar. racik bumbunya dengan menghaluskan bawang putih dengan merica dan garam. Kemudian tambahkan asam Jawa dan gula Jawa, haluskan hingga rata.

Olesi irisan daging dengan bumbu. Biarkan selama 1 jam. Tusuki dengan tusuk sate dan bakar hingga matang.

2. Bumbu Manis
Racikan bumbunya, haluskan bawang putih, ketumbar, jintan, gula merah, merica dan garam. Aduk irisan daging sapi dengan bumbu ini dan diamkan selama 2 jam. Tusuki dengan tusukan sate lalu bakar di atas bara api hingga matang.

3. Bumbu Kuning
Racikan bumbu ini sama dengan bumbu kuning untuk ayam. Haluskan bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, merica, gula merah dan garam.

Aduk rata bumbu halus dan irisan daging dan diamkan selama 1 jam. Setelah itu tusuki dengan tusuk sate dan bakar hingga matang.

4. Shashlik
Sate model Timur Tengah ini umumnya memakai daging kambing. Sate ini tak perlu banyak potongan daging di setiap tusuknya.

Sebagai penggantinya siapkan irisan paprika, jamur champignon dan bawang merah. Bumbui daging sapi dengan merica dan garam kemudian aduk dengan sedikit minyak zaitun.

Tusuki daging berselang-seling dengan paprika, bawang dan jamur. Bakar di atas api sambil olesi minyak zaitun hingga daging matang.

5. Bumbu Lada Hitam
Racikan bumbunya, haluskan lada hitam bersama bawang putih, bawang merah, sedikit gula pasir, terasi dan garam. 

Oleskanlah bumbu ini pada irisan daging sapi hingga rata. Biarkan selama minimal 2 jam. Kemudian tusuki dengan tusuk sate dan bakar hingga matang, Sabtu (8/9/2016).

(ISD)




Next
« Prev Post
Previous
Next Post »