Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Lima Hal Dasar Yang Menentukan Kualitas Foto Kamera Smartphone

Diposting oleh On 09.20.00 with No comments



Lenterajogja.com, Yogya - Pandangan yang salah bagi para pengguna gadget, bahwa semakin besar bilangan megapixel kamera smartphone mereka, maka semakin bagus kualitas foto yang dihasilkan. Pendapat ini sebagian besar keliru, karena persoalan besar megapixel pada kamera digital umumnya, hanya menentukan seberapa besar ukuran foto yang dapat dicetak, dan bukan menentukan kualitas dari foto itu sendiri. Pada sebuah kamera smartphone, yang paling menentukan hasil kualitas foto adalah sensor kamera.

Sayangnya, pada prakteknya, smartphone dengan megapixel kecil juga memiliki sensor kamera yang kecil, sehingga kualitas foto menjadi turun. Pada smartphone Android, kamera yang diusung rata-rata sudah 5 megapixel, banyak juga yang sudah 8 megapixel. Tapi masih bisa ditemukan yang hanya 3.2 megapixel.

Bila kamu adalah orang yang suka mengabadikan foto dengan smartphone di-upload kesebuah media sosial seperti instagram, path, facebook,whatsapp dan yang lainnya.

Mengertikah kamu bahwa besarnya megapiksel pada kamera itu bukan segalanya dalam menentukan sebuah kualitas foto, dirangkum oleh lenterajogja.com dari berbagai sumber, ada 5 hal yang menentukan kualitas sebuah foto, berikut ulasannya ;

Lima Hal Yang Menentukan Kualitas Foto

1. Sensor
Sebuah sensor yang dibawa oleh kamera smartphone memiliki peran yang lebih penting dibandingkan besarnya megapiksel. Semua megapiksel diharuskan masuk ke dalam sensor, maka jika ukuran sensornya kecil, harus kecil pula megapiksel yang dibawanya. Jika megapiksel kamera yang dibawa tidak sesuai dengan ukuran sensornya, maka foto yang dihasilkan akan penuh dengan gradasi atau noise. Sebagai contoh, kamera smartphone dengan resolusi 12MP, hasilnya bisa lebih bagus daripada kamera dengan resolusi 20MP jika ternyata menggunakan ukuran sensor yang sama.

2. Lensa /Aperture
Demi mempertahankan eksistensi kamu di media sosial, wajib banget menghasilkan foto yang berkualitas. Ketika ingin membeli smartphoneselalu perhatikan jenis lensa yang dibawanya. Kualitas lensa menentukan cahaya yang masuk ke dalam sensor untuk menangkap gambar. Jika kamu adalah orang yang suka mengabadikan gambar di malam hari, maka wajib bagi kamu untuk mengambil smartphone yang memiliki bukaan lensa/aperture besar. Kamera smartphone yang memiliki ukuran f/1.7 mampu menangkap cahaya lebih banyak dibandingkan f/1.8, sehingga akan membuat pengalaman foto di malam hari semakin memuaskan.

3. Resolusi / Megapiksel
Promosi yang dilakukan oleh suatu vendor benar-benar berhasil berkaitan dengan yang satu ini. Banyak orang yang percaya bahwa semakin besar resolusi suatu kamera, hasil fotonya akan semakin bagus. Padahal sebenarnya megapiksel hanyalah kumpulan piksel yang mampu ditampilkan kamera smartphone. Semakin besar ukuran megapiksel suatu kamera, akan semakin besar pula ukuran foto itu bisa dicetak. Namun pada kualitas foto, resolusi kamera hanyalah sebuah angka.

4. Prosesor Pengolah Gambar
Disamping hardwarenya, hal lain yang menentukan kualitas kamera foto pada smartphone adalah prosesor pengolah gambarnya. Pengolah gambar ini bertugas memproses gambar yang diambil oleh kamera setelah gambar ditangkap. Pada smartphone, pengolah gambar ini bergantung pada jenis chipset serta firmware bawaannya. Selain menghindari terjadinya overheat, chipset Exynos 8890 Octa menjanjikan hasil pengolahan gambar yang lebih tajam dan memuaskan dibanding smartphone yang menggunakan chipset Snapdragon 810.

5. Autofocus
Autofocus adalah faktor selanjutnya yang menentukan kualitas foto yang dihasilkan kamera smartphone. Akan terasa percuma memiliki kamera dengan megapiksel yang tinggi jika tidak dibekali autofocus yang baik, apalagi jika tidak dilengkapi autofocus. Kamera yang dibekali autofocus mampu menghasilkan foto yang lebih tajam dibandingkan kamera yang hanya memiliki teknologi fixed focus. Masih berhubungan dengan autofocus, kamu juga sebaiknya mencari smartphone yang kameranya dibekali dengan OIS (Optical Image Stabilization) untuk menghasilkan foto bagus tanpa harus khawatir kamera goyang sehingga menghasilkan gambar buram.

Bagi konsumen yang suka berselfie tentunya, besar kecilnya sebuah megapiksel pada kamera smartphone akan menjadi daya magnet yang menyedot perhatian mereka. Tapi balik lagi, jika kamu menginginkan pengakuan yang baik di lingkungan sosial, sebaiknya pilih smartphone yang dibekali kamera dengan lensa dan sensor yang baik, autofocus yang cepat dan prosesor pengolah gambar terbaru sehingga menjanjikan hasil foto yang maksimal. Karena besarnya kecilnya megapiksel pada kamera bukanlah faktor utama terhadap hasil kualitas sebuah foto.

(ISD)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »