Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Tradisi Ziarah Kubur Di Yogyakarta Pada Hari Raya Idul Fitri

Diposting oleh On 21.14.00 with No comments



Lenterajogja.com, Yogya - Ziarah kubur di hari raya Idul Fitri, sudah menjadi tradisi bagi sebagian masyarakat Yogyakarta khususnya. Mereka berziarah ke makam orang tua atau sanak saudara saat Idul Fitri tiba. Di makam tersebut para peziarah bersama-sama berdoa untuk orangtua dan saudara mereka.

Pengasuh Pesantren Krapyak Yogyakarta Kyai Munawwir Abdul Fattah mengatakan ziarah dilakukan kapanpun diperbolehkan dengan tujuan menebalkan keimanan dengan mengingat mati.

"Ziarah di bulan suci Ramadan ataupun di Hari Raya, sekalipun sebenarnya tidak ada perintah dan tidak ada larangan. Dan karena tidak adanya larangan, orang yang suka ziarah mengambil inisiatif alangkah indahnya jika dapat kirim doa pada hari-hari yang penuh rahmat dan ampunan (hari-hari bulan Ramadan) dan hari yang bahagia (Idul Fitri)." kata Kyai Munawwir Abdul Fattah," dikutip dari laman Nahdatul Ulama, Rabu (6/7/2016). 

Apalagi bagi sebagian orang, belum lengkap rasanya jika belum meminta maaf dengan orangtua saat lebaran tiba. Untuk memperkuat pendapatnya, Kyai Munawwir juga mengutip hadis tentang ziarah ke makam orang tua. 

"Siapa ziarah ke makam kedua orang tuanya atau salah satunya pada setiap hari jumat, Allah akan mengampuni dosa-dosanya dan mencatat sebagai bakti dia kepada orang tuanya (HR Hakim). (ISD)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »