Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Tips Ngopi Tetap Sehat Di Bulan Puasa

Diposting oleh On 01.37.00 with No comments



Lenterajogja.com, Yogya - Banyak orang takut mengonsumsi kopi pada bulan puasa karena mereka mendapatkan informasi bahwa dapat mengganggu kesehatan tubuh. Padahal, ngopi di bulan puasa tidak ada hubungan sama sekali atau bahkan mempengaruhi kesehatan asal tahu caranya serta dosisnya tidak berlebihan. Bagi Anda yang takut ngopi selama bulan puasa. Tenang saja, karena tim lenterajogja.com akan berbagi tips yang benar cara ngopi di bulan puasa :

Pada Saat Sahur

Diperbolehkan meminum secangkir kopi pada saat sahur. Usahakan meneguk kopi setelah makan sahur dan jangan lebih dari satu cangkir saja. Saat sahur juga diharuskan mengonsumsi air dengan cukup karena pada saat puasa tubuh akan dehidrasi karena kekurangan cairan. Fungsi kopi pada saat sahur ini selain untuk energi untuk melanjutkan ibadah, juga membuat peminumnya tidak ngantuk karena akan melanjutkan kegiatan di pagi hari.

Dua Jam Setelah Berbuka
Kamu tidak dianjurkan mengonsumsi kopi secara langsung setelah adzan maghrib tiba. Tapi minum kopi bisa dilakukan dua jam setelah berbuka puasa. Saat berbuka puasa kamu dianjurkan mengonsumsi makanan manis, air yang cukup lalu menikmati makanan utama. Baiknya ngopi dilakukan sesaat sebelum memulai salat Isya dan Tarawih. Kenapa? Karena kafein pada kopi memberi energi yang membuat pengonsumsinya aktif. Jadi ibadah Tarawih bisa dilaksanakan dengan khusyuk dan maksimal tanpa rasa mengantuk.

Hanya Konsumsi Kopi yang Segar
Kopi segar yang dimaksud adalah biji kopinya tidak terlalu lama disangrai. Kopinya juga tidak terlalu lama disimpan. Alangkah baiknya tidak mengonsumsi kopi saset dan kopi ready to drink karena itu bukanlah 100% kandungan kopi asli dan bisa mengganggu kesehatan jika dikonsumsi terutama pada saat bulan puasa.

Imbangi dengan Konsumsi Air yang Cukup
Sebaik-baiknya khasiat kopi, tentunya akan tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan apa lagi pada saat bulan puasa. Oleh karena itu, imbangin asupan kafein dengan perbanyak meminum air secara cukup agar tubuh seimbang dan kamu mampu menjalankan puasa dengan maksimal.

Selamat ngopi di bulan puasa, semoga puasa Anda semua lancar dan menjadi berkah. (ISD)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »