Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Tips Menentukan Harga Sewa Rumah

Diposting oleh On 18.53.00 with No comments



Lenterajogja.com, Yogya - Sejumlah investasi dalam bentuk rumah, Anda mungkin bisa berencana untuk menyewakan rumah kepada orang lain sebagai salah satu bentuk bisnis dan investasi yang menguntungkan. 

Investasi menyewakan rumah, selain mengembalikan modal awal saat pertama kali membelinya, Anda sebagai pemilik juga bisa meraup keuntungan. Selain itu, hunian yang ditempati pasti akan lebih terawat dibandingkan tempat tinggal yang dibiarkan tanpa penghuni. Namun sebelum memulai bisnis tersebut dan menyerahkan kunci kepada calon penyewa rumah, kenali lebih dulu tipsnya.

Menurut pengalaman dan pantauan lenterajogja.com dalam hal penyewaan rumah ada beberapa hal penting yang harus di ketahui sebelum menentukan tarif sewa rumah.

Perlu diketahui, jika menyewakan rumah dengan tarif terlalu tinggi tentu akan sulit mendapatkan penyewa, sehinga mau tidak mau kita harus merugi di setiap akhir bulan untuk membiayai rumah tersebut.

Sebaliknya jika kita menyewakan rumah terlalu murah akan membuat pemasukan anda di akhir bulan mungkin tidak sebanding dengan pengeluaran, seperti membayar cicilan rumah, biaya maintenance dan sebagainya.

Tips yang perlu anda perhatikan guna menentukan harga sewa rumah.

1. Perhatikan properti sejenis di sekitar rumah yang ingin anda sewakan
Cara paling mudah menentukan tarif sewa rumah adalah dengan melakukan survei langsung di lokasi yang berdekatan dengan rumah yang akan di sewakan atau Anda kalau memang tidak punya waktu akan hal itu, bisa searching di media-media online.

Lihatlah beberapa properti atau rumah yang sejenis dan tanyakan berapa tarif sewa yang mereka buat dan bandingkan dengan rumah Anda.

2. Mempertimbangkan biaya keluar dan pemasukan
Berikutnya yang perlu di perhatikan adalah menganalisa total pengeluaran dan potensi penghasilan. Sesuaikanlah biaya yang anda keluarkan untuk rumah tersebut dan bandingkan dengan tarif sewa yang akan anda terima jangan sampai pengeluaran anda jauh lebih tinggi dari pemasukan yang akan anda terima.

3. Melihat nilai lebih
Walaupun tipe rumah hampir sama dengan yang lain di lokasi anda, tapi dalam menentukan tarif sewa belum tentu sama, hal ini karena setiap rumah mempunyai fasilitas berbeda.

Untuk itu pertimbangkan fasilitas yang dimiliki rumah anda, apakah memilki layanan internet, telepon, channel tv berbayar dan sebagainya.

4. Menilai lokasi rumah
Lokasi merupakan salah satu faktor paling penting di bisnis properti. Jarak yang tidak begitu jauh namun strategis dan berdekatan langsung dengan fasilitas publik akan memiliki nilai sewa yang lebih tinggi dari yang lain.

5. Perjanjian Sewa
Agar hak dan kewajiban penyewa dan calon penyewa terpenuhi, perlu membuat suatu perjanjian sewa-menyewa secara tertulis dan ditandatangani oleh kedua belah pihak di atas materai.

Dalam perjanjian tersebut, baiknya dijelaskan hak dan kewajiban masing-masing pihak lengkap dengan konsekuensi yang didapat bila ada salah satu pihak yang tak memenuhi perjanjian serta kesepakatan yang telah dibuat bersama. Hal ini dilakukan agar dapat membuat proses sewa-menyewa menjadi lancar dan menghindari kericuhan di masa datang.

Bangunan seperti tempat tinggal memang menjadi investasi yang menguntungkan. Jadi tak heran bahwa bisnis ini terus populer dan berkembang karena modal awal bisa kembali dalam waktu cepat. Makin banyak rumah yang disewakan, makin besar pula keuntungan yang didapat. (ISD)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »