Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Tanpa Ronaldo, Portugal Juarai Piala Eropa 2016

Diposting oleh On 16.38.00 with No comments

     Foto : UEFA

Lenterajogja.com, Saint-Denis - Perjuangan Portugal yang berbuah manis, bagaimana tidak. Dengan ambisi besar meraih juara, di menit-menit awal mereka harus kehilangan kapten mereka sekaligus bintang idola mereka Cristiano Ronaldo akibat cedera serius dilututnya. Dengan permainan kompaknya akhirnya Portugal mengukuhkan diri sebagai juara Piala Eropa 2016 lewat gol tunggal Eder pada hari Senin (11/7/2016) dinihari.

Kondisi mental para pemain yang terpukul akibat ditinggal Ronaldo dari lapangan, Prancis memanfaatkan situasi tersebut dengan bertubi-tubi menggempur pertahanan Portugal, Tapi pagi ini kerjasama Portugal begitu kompak, mampu menjaga gawangnya tanpa kebobolan hingga peluit babak kedua dibunyikan. Skor 0-0

Foto : UEFA

Pertandingan extra time terpaksa dilakukan oleh wasit,  tepatnya menit ke-109, tanpa diduga Eder mampu menjebol gawang Prancis melalui tembakan kerasnya dari luar kotak penalti. Striker Lille tersebut sekaligus tampil sebagai pahlawan buat Portugal.

Eder tampil sebagai pahlawan Portugal. Striker Lille itu menjebol gawang Prancis melalui tembakan kerasnya dari luar kotak penalti. Skor 1-0 buat Portugal

Di ajang Piala Eropa 2016 ini merupakan gelar pertama bagi Portugal. Sementara Prancis yang pernah dua kali jadi juara Piala Eropa harus merelakan Portugal mengangkat tropi dan berpesta di rumah mereka.

Jalannya Pertandingan

Tim Prancis mendominasi jalannya permainan dan punya sejumlah peluang untuk unggul. Tembakan Antoine Griezmann pada menit ketujuh masih melenceng, sementara sundulan Griezmann tiga menit kemudian dimentahkan oleh kiper Portugal, Rui Patricio. 

Prancis kembali mengancam gawang Portugal dari sepak pojok. Namun sundulan Olivier Giroud masih bisa dipatahkan oleh Rui Patricio, penjaga gawang Portugal.

Kabar buruk menerpa Portugal, Ronaldo terkapar usai diterjang oleh Dimitri Payet. Ronaldo terpaksa ditandu keluar karena cedera dilututnya yang cukup serius dan digantikan oleh Ricardo Quaresma pada menit ke-25, sementara posisinya sebagai kapten diambil alih oleh Nani.

Mengetahui kondisi psikis pemain portugal yang sedikit goyah, Prancis pun memanfaatkan situasi tersebut dengan terus menekan Portugal. Banyak peluang mampu diciptakan sebenarnya oleh tim Prancis. Namun sejumlah peluang mereka mampu dikandaskan penjaga gawang Rui Patricio, yang tampil menawan pagi ini. Babak pertamapun berakhir dengan skor kacamata 0-0.

Babak kedua berlangsung, pemain Potugal yang merasa kehilanagn Ronaldo masih terus mengandalkan gaya permainan bertahan. Sementara Prancis terus melakukan gempuran dari berbagai lini untuk mencetak gol, selain itu Prancis juga memasukkan Kingsley Coman dan menarik keluar Payet untuk meningkatkan tusukan dari sisi sayap.

Sejumlah peluang dari pemain Prancis pun sebenarnya kembali bisa membuahkan gol, namun berkat penampilan yang menawan kiper Portugal Rui Patricio. Ambisi mencetak gol Prancis sia-sia karena semuanya dapat dimentahkannya hingga babak kedua berakhir. Skor tetap 0-0

Laga berlanjut ke extra time.

Foto : UEFA

Lewat perpanjangan waktu, memasuki menit ke-109 tanpa dugaan serangan tunggalnya Eder mampu menciptakan gol dengan sepakan kerasnya, berhasil menembus jaring kiper Prancis Lloris dan gol tersebut sekaligus menjadi satu-satunya gol hingga pertandingan extratime berakhir.

Susunan Pemain

Prancis: Lloris, Sagna, Koscielny, Umtiti, Evra, Pogba, Matuidi, Sissoko (Martial 110'), Payet (Coman 58'), Griezmann, Giroud (Gignac 78'). 

Portugal: Rui Patricio, Cedric, Fonte, Pepe, Raphael Guerreiro, Adrien (Joao Moutinho 66'), Joao Mario, W. Carvalho, Renato Sanches (Eder 79'), Nani, Ronaldo (Quaresma 25').

(ISD)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »