Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Sosok Wajah Dibalik Pencetus Pokemon Go

Diposting oleh On 16.56.00 with No comments

Foto : Istimewa
Lenterajogja.com, Yogya - Rilisnya game Pokemon Go terus menjadi warna baru pagi kalangan gamer, sejak diluncurkan pada 6 Juli lalu, bahkan penggunanyapun membludak diberbagai medsos seperti  Whatsapp, Facebook, Instagram dan Snapchat

Sosok pembuat game ini bernama John Hanke. Hanke memulai pengembangan game Pokemon Go ini pada tahun 1996 ketika masih berstatus sebagai mahasiswa.Kesuksesan yang diraup Pokemon Go tidaklah datang dengan mudah. Dilansir dari laman storypick.com, Sabtu (16/7/2016), pengembangan game ini ternyata memakan waktu hingga dua puluh tahun.

Game pertama yang ia buat bernama Meridian 59. Game tersebut menganut konsep MMO (massively multiplayer online game) yang memungkinkan game untuk dimainkan oleh beberapa orang.

Kemudian dia memiliki visi yang lebih besar. Game tersebut ia jual sembari bercita-cita untuk bisa membuat game yang terintegrasi dengan lokasi wilayah secara nyata.

Tahun 2000, Hake meluncurkan aplikasi Keyhole yang bisa mengintegrasikan GPS dengan peta permukaan di dunia. Aplikasi tersebut kemudian dibeli oleh Google.

aplikasi keyhole merupakan cikal bakal dari aplikasi berbasis GPS Google Earth yang terkenal hingga kini. Setelah sukses menelurkan program tersebut, Hanke pun memilih fokus untuk mengembangkan game berbasis GPS.

Tujuan terbesarnya tersebut tercipta pada tahun 2010. Ia mendirikan Niantic Labs, sebuah perusahaan rintisan yang berdiri dibawah dana sokongan Google. Niantic Labs memiliki misi untuk menciptakan game yang bisa dimainkan secara nyata. Salah satu caranya adalah dengan mengintegrasikan game tersebut dengan data GPS.

“Saya selalu berpikir bahwa saya bisa membuat game canggih dengan menggunakan data GPS yang kita miliki. Penggunaan ponsel yang semakin berkembang menjadi peluang besar untuk mengembangkan game petualangan yang bisa terkoneksi dengan dunia nyata,” Ujarnya.

Aplikasi game pertama yang diciptakan Niantic Labs bernama Ingress. Game yang diluncurkan pada tahun 2012 ini memungkinkan pemain untuk memainkan permainan sesuai dengan area yang terlihat di GPS.

Ingress menuai sambutan positif dari gamer. Melihat kondisi ini Hanke berencana mengembangkan game lain dengan sitem yang serupa.

Game ini sukses menduduki urutan tertinggi aplikasi yang banyak diunduh dan aplikasi terlaris, sejak dirilis, baik di iOS ataupun Android

Disisi lain, dibalik kesuksesan dan kepopuleran game Pokemon Go masih terkendali dari segi privasi dan keamanan, serta berbagai risiko ketika memainkan permainan ini, Namun peminat permainan ini terus melonjak.

Bahkan, permainan ini mampu menarik laba hingga US$ 2 juta per hari. Saham Nintendo pun naik hingga 25 persen efek dari kesuksesan dan kepopuleran game Pokemon Go.(ISD)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »