Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Pelaku Bom bunuh Diri Menghantam Tiga Kota Saudi Arabia, Dua Satuan Pengamanan Luka-luka

Diposting oleh On 15.55.00 with 1 comment

Kepulan setelah ledakan di Masjid Nabawi/Dokumentasi Routers

Lenterajogja.com, Yogya - Pembom bunuh diri menyerang tiga kota di Arab Saudi, Senin, dalam kampanye tampaknya terkoordinasi serangan sebagai Saudi siap untuk berbuka puasa pada hari kedua terakhir dari bulan suci Ramadan, Selasa (5/7/2016).

Ledakan menargetkan AS diplomat, jamaah Syiah dan markas keamanan di sebuah masjid di kota suci Madinah mengikuti hari pembunuhan massal yang diklaim oleh kelompok Negara Islam, di Turki, Bangladesh dan Irak. Serangan semua tampaknya telah bertepatan dengan pendekatan Idul Fitri, liburan yang merayakan akhir puasa.

Seorang pejabat keamanan Saudi mengatakan penyerang diparkir mobil di dekat konsulat AS di Jeddah sebelum meledakkan perangkat. Pejabat itu mengatakan pemerintah sedang memeriksa laporan dari ledakan di Qatif dan Madinah.

Dalam satu-satunya dari tiga serangan yang tampaknya telah menyebabkan banyak korban, seorang pembom bunuh diri meledakkan bom di dekat markas keamanan Masjid Nabawi di Madinah, situs kedua-paling suci dalam Islam.

Milik Saudi televisi al-Arabiya kata seorang korban tewas awal dari ledakan Madinah termasuk tiga pelaku bom bunuh diri dan dua petugas pasukan keamanan.



Sebuah video yang dikirim ke Reuters oleh saksi setelah pemboman Medina menunjukkan kobaran api besar di antara mobil yang diparkir di lampu malam memudar, dengan suara sirene di latar belakang. Sebuah gambar yang dikirim ke Reuters menunjukkan seorang pria bakaran dan pendarahan berbaring di tandu di rumah sakit," dilansir dari reuters.com, Selasa (5/7/2016).

Gambar lain yang beredar di media sosial menunjukkan asap hitam mengepul dari api dekat Masjid Nabi, awalnya dibangun pada abad ke-7 oleh Nabi Muhammad, yang dimakamkan di sana bersama dua penerusnya pertamanya.

Dalam Qatif, sebuah kota timur yang merupakan rumah bagi banyak anggota minoritas Syiah, setidaknya satu dan mungkin dua ledakan menghantam dekat sebuah masjid Syiah.

Dikabarkan bahwa ada dua anggota satuan pengaman mengalami luka-luka dalam insiden di Jeddah. 

Saksi menggambarkan bagian tubuh, ternyata dari seorang pembom bunuh diri, setelah terjadinya insiden.

Sejauh ini belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan-serangan tersebut. (ISD)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar: