Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Ngopi Di Bulan Puasa ? Yuk Mari

Diposting oleh On 01.23.00 with No comments



Lenterajogja.com, Yogya - Kopi merupakan minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komiditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).

ebagai pecinta kopi sejati tentunya kita tidak akan pernah bisa lepas dari yang namanya menikmati hidangan kopi setiap harinya, terutama sebulan penuh tanpa adanya sebuah sruputan terhadap minuman tersebut. Untuk itu, tim lenterajogja.com punya solusi bagaimana ngopi yang benar dan tidak mengganggu kesehatan serta ibadah puasa. Selain itu, ternyata efek kafein juga baik bagi tubuh saat kita berpuasa, berikut adalah manfaat ngopi selama bulan puasa :

Untuk Ibadah yang Lebih Bersemangat


Malam-malam di bulan Ramadan tidak sama dengan malam di bulan lain. Umat Islam menjalankan ibadah yang panjang sampai tengah malam. Di sini peran kopi sangat dibutuhkan. Jika selama ini kamu enggan minum kopi karena takut tidak bisa tidur karena efek kafein yang memberi semangat, maka ini justru dibutuhkan di bulan puasa. Setelah selesai berbuka, minumlah secangkir kopi. Sesaat sebelum melanjutkan ibadah salat tarawih kopi akan memberi energi sehingga rasa kantuk saat beribadah bisa dilenyapkan. Setelah tarawih ada kegiatan tadarus yang biasanya dilakukan menjelang tengah malam. Kopi yang kamu minum memberi energi bagi tubuh. Rasa kantuk dan lelah bisa terusir sehingga ibadah bisa lebih semangat hingga larut malam.

Untuk Menjalani Hari Lebih Berenergi

Setelah sahur biasanya banyak orang yang tidak tidur lagi melainkan justru melanjutkan kegiatan di pagi hari. Di sini rasa kantuk lebih sering datang menggoda. Minumlah secangkir kopi di saat sahur dengan dosis yang tidak berlebihan. Meminum kopi di saat sahur terbukti memberi energi yang terkandung dalam kopi. Kafein memberi efek semangat yang cukup untuk kamu yang menjalani kegiatan di pagi hari. Tapi ingat, minum kopilah secukupnya. Juga selalu diseimbangkan dengan mengonsumsi air putih yang cukup.

Mengasah Kreativitas

Bulan puasa adalah bulan yang istimewa. Oleh sebab itu, tak adil rasanya jika tidak melibatkan kopi di antara keistimewaan itu. Mereka yang biasa mengonsumsi kopi di hari biasa akan diuji kreativitasnya di bulan suci ini. Ngopi tak melulu harus selalu hitam, bukan? Jika takut mengonsumsi kopi hitam saja, kenapa tidak membuat iced coffee dengan beberapa flavor yang resepnya bisa kamu temukan di Majalah Otten. Kopi juga tak melulu pahit, untuk mengusung kalimat “berbukalah dengan yang manis” kamu bisa mengasah kreativitas dengan membuat menu minuman kopi untuk berbuka yang sudah pasti nikmat rasanya.(ISD)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »