Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Bila Kamu Mengaku Warga Jogja, Mana Kreasi Lampion Terbaikmu?

Diposting oleh On 19.10.00 with No comments



Lenterajogja.com, Yogya - Lebaran tinggal dua hari lagi. Persiapan menyambut hari kemenangan itu sudah mulai terasa di sejumlah daerah. Salah satunya di Yogyakarta. Sejumlah pedagang lampion juga sudah mulai banyak dijumpai, Senin (4/7/2016).

Lampion merupakan benda yang tak bisa dilepaskan dari tradisi takbiran di wilayah Yogyakarta. Sebuah tradisi yang pada zamn dahulu dari obor yang terbuat dari bambu dikasih minyak tanah lalu dikasih gombal/sumbu sebagai nyala api, kini pawai takbir tampil lebih meriah dengan nyala lampion warna-warni.

Lampion pun tidak melulu hadir dalam satu bentuk. Kini lampion hadir dalam aneka bentuk antara lain pesawat terbang, masjid, Al Qur'an, Ka'bah bahkan tokoh film kartun. Seperti sponge bob, minion, hello kitty dan masha.

Layaknya terompet yang identik dengan tahun baru. Di Yogyakarta lampion juga identik dengan takbiran. Para orang tua mempunyai alasan kenapa perlu membeli lampion untuk anak mereka.

Pantauan lenterajogja.com, dari tahun ke tahun, permintaan lampion di Yogyakarta saat lebaran tidak pernah berkurang. Untuk satu masa lebaran saja, omset yang didapat para perajin bisa mencapai 2.000 buah. 

1 Buah lampion untuk lebaran ini dijual dengan kisaran harga Rp 20 hingga 50 ribu bergantung pada kerumitan pembuantannya. Lampion-lampion tersebut dibuat dari bahan gabus, mika sebagai lapisan luar  dan diberi lampu LED dengan warna menyesuaikan karakter jenis lampion sebagai sumber cahayanya. (ISD)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »