Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Aplikasi Google Terbaru, Membuat Penggunaan Smartphone Lebih Ringan

Diposting oleh On 10.12.00 with No comments


Lenterajogja.com, Yogya - Melalui postingan blog Android Developers, Google menyebutkan, algoritma baru akan mengurangi ukuran update aplikasi Android dan memperlihatkan pengguna ukuran sebenarnya dari update tersebut.

Google juga menambahkan algoritma baru pada Google Play Store. Algoritma ini diklaim membuat aplikasi menjadi lebih ringan. Google menyebutkan bahwa pada tahun lalu, download pengguna Android di Google Play Store mencapai lebih dari 65 miliar aplikasi.
 
Pertumbuhan yang begitu pesat, para developer dipaksa untuk lebih sering merilis update untuk aplikasi mereka, baik untuk penambahan konten, membenahi isu keamanan dan membuat berbagai perubahan berdasarkan masukan dari pemakai.

Google terpikir untuk mengurangi ukuran instalasi dan update aplikasi, sambil tetap membuat jumlah data yang didownload tetap transparan dan diketahui pengguna. Algoritma delta baru yang diberi nama bsdiff, membuat ukuran update aplikasi berkurang signifikan hingga 50% dari ukuran aslinya. Selain merilis algoritma bsdiff, Google Play Store juga akan memperlihatkan besaran data yang diperlukan untuk mendownload sebuah aplikasi atau update, seperti dikutip dari Tech Times, Minggu (24/7/2016).

Pemakai smartphone Android high end dengan kapasitas kartu memori besar dan selalu terkoneksi dengan jaringan WiFi mungkin tidak akan merasakan perubahan berarti dari algoritma ini.

Bagi para pemakai perangkat Android dengan paket data terbatas dan kapasitas penyimpanan yang kecil, akan membawa keuntungan bagi mereka untuk memaksimalkan kemampuan smartphone. (ISD)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »