Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

3 Sajian Menu Lebaran Selain Opor Ayam

Diposting oleh On 22.33.00 with No comments



Lenterajogja.com, Yogya - Opor ayam memang sudah menjadi salah satu menu sajian khas saat lebaran. Makanan bersantan yang gurih memang sangat cocok disantap dengan ketupat ditambah lauk-lauk yang menggoda lidah.

Tapi jika Anda sudah bosan dengan menu opor ayam tersebut, lenterajogja.com punya rekomendasi 3 menu masakan lain berbahan dasar ayam yang bisa Anda coba hidangkan saat lebaran tiba, sebagai berikut :

1. Ayam Gulai Rebung
Rebung yang bergizi dipadukan dengan ayam yang empuk dan kuah santan yang gurih bisa jadi teman sajian ketupat yang lezat. Proses memasak Ayam Gulai Rebung tidak rumit.

Tapi, untuk mendapatkan rebung yang empuk dan tidak beraroma kurang sedap, memang perlu melakukan beberapa langkah ekstra, seperti merebus dan merendam rebung sebelum diolah. Pilihlah menggunakan rebung bambu kuning atau rebung bambu cina.

2. Rawon Ayam
Dengan kuah kentalnya yang berwarna hitam, rawon merupakan salah satu sajian khas Indonesia yang unik. Walaupun biasanya resep rawon menggunakan daging sapi, bisa juga menggunakan ayam dalam hidangan ini. Cara membuatnya tidak jauh berbeda dengan rawon daging sapi.

3. Ayam Bakar Bumbu Rujak
Ayam Bakar dengan bumbu pedas menggoda lidah akan menyemarakkan meja makan keluarga di hari yang istimewa. Agar bumbu meresap sempurna, ungkep ayam dengan baik menggunakan api kecil hingga bumbu menyusut. Teknik mengungkep ini juga membantu menyajikan ayam bakar yang matang sempurna.
(ISD)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »