Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Tips Tubuh Tetap Bugar Berolahraga Saat Puasa

Diposting oleh On 16.37.00 with No comments



Lenterajogja.com, Yogya - Bulan puasa bukan alasan kita untuk tidak berolahraga. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan  mengingat kondisi tubuh selama berpuasa tak sama dengan di saat tidak puasa.

Kapan waktu yang tepat untuk berolahraga?
Anda pasti enggan berolahraga di siang hari, dan Anda tidak salah. Berolahraga di siang hari saat berpuasa sangat berbahaya, karena otomatis Anda tidak bisa mengonsumsi cukup protein setelah berolahraga. Tanpa asupan protein yang cukup, justru penguraian otot yang yang akan terjadi. Tak hanya itu, olahraga di siang hari dapat menyebabkan dehidrasi, dan tentunya Anda tidak bisa merehidrasi tubuh Anda tanpa membatalkan puasa Anda. Waktu terbaik untuk berolahraga adalah kira-kira 30 menit atau satu jam sebelum waktu berbuka puasa.

Berikut adalah tips agar tetap bugar berolahraga saat puasa menurut team lenterajogja.com selama melakukan observasi dan pengamatan dilapangan :

1. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit atau satu jam menjelang waktu berbuka. Alasannya begitu selesai berolahraga dapat langsung minum, kemudian kemungkinan kehabisan gula dalam darah bisa segera tergantikan saat berbuka.
Dengan demikian risiko dehidrasi, dan pingsan oleh anjloknya gula darah, kecil kemungkinan sampai terjadi.

2. Cukup lakukan olahraga ringan seperti bersepeda, jogging , threadmill, atau Yoga.
Hindari latihan beban yang dilakukan saat puasa karena akan menguras energi sehingga kurang tepat dilakukan.
Selain tipe olahraganya, perlu dicatat pula formula FITT (frequency-intensity-time-type), yakni seberapa sering frekuensinya, seberapa berat, serta durasinya
Tipe olahraga seperti yang telah disebutkan termasuk pada jenis olahraga low impact yang meraih zona aerobik 60%-80%.
Bisa dilakukan 3-5 kali dalam seminggu, dan durasinya 30 menit.

3. Olahraga yang dilakukan mendekati waktu tidur sebaiknya dihindari. Hal ini bertujuan untuk memberi kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat.

4. Olahraga yang baik dilakukan saat puasa yaitu olahraga di tempat yang sejuk.
Jika olahraga dilakukan di area terbuka, lakukan di bawah pepohonan dan kawasan yang sejuk.
Dengan begitu, Anda akan terhindar dari kelelahan dan rasa haus yang berlebih.
Cara olahraga saat puasa ini bisa menjadi masukkan bagi Anda. Dengan berolahraga, puasa yang dijalani juga akan terasa menyenangkan.

Semoga tips diatas bermanfaat dan membuat Anda tertarik untuk berolahraga meskipun sedang berpuasa untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. (ISD)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »