Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Terminal Giwangan, Mulai 1 Oktober 2016 Mendatang Akan Diambil Alih Kemenhub

Diposting oleh On 16.33.00 with No comments



Lenterajogja.com, Yogya – Mulai bulan Oktober 2016 kedepan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta akan kehilangan hak atas pengelolaan Terminal Giwangan. Pemkot juga akan kehilangan pendapatan retribusi. Rencananya, terminal itu akan dikelola langsung oleh Kementerian Perhubungan.

Berdasar informasi dari Kemenhub, ambil alih pengelolaan Terminal Giwangan yang merupakan tipe A dilakukan pada 1 Oktober 2016 mendatang. Adapun perintah ambil alih tersebut tertuang dalan Undang-Undang (UU) nomor 23/2014 yang mengatur tentang otonomi daerah.

Dalam UU tersebut mengatur, asset berupa terminal bus tipe A dan jembatan timang yang ada di daerah, pengelolaannya diambil alih oleh pemerintah pusat. Nantinya personil Terminal Giwangan yang bertugas merupakan tim yang berasal dari Kemenhub.

“Tahun lalu, pemasukan retribusi Terminal Giwangan capai Rp 3,7 miliar yang masuk ke APBD. Tapi dikelola pusat atau daerah sama saja, toh uangnya tetap ke pemerintah,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta, Wirawan Hario Yudo, Minggu (19/6/2016).

“Saat ini ada sekitar 120 orang petugas. Nantinya apakah yang diganti seluruhnya atau sebagian, kita masih menunggu instruksi pemerintah pusat,” jelas dia.

Terkait proses hukum sengketa pembangunan Terminal Giwangan antara Pemkot dengan PT Perwita Karya yang masih tahap peninjauan kembali di Mahkamah Agung, dia menyebut tak jadi kendala. Sebab dalam berita acara penyerahan hal tersebut dapat dijelaskan.

“Jadi nanti berita acara berisi pengelolaan sudah dipegang Kemenhub, asset tanah dan bangunan masih menunggu proses hukum,” sambung Wirawan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kemenhub, Pudji Hartanto saat ditemui di Terminal Giwangan, mengatakan, proses hukum tak mengganggu penyerahan pengelolaan Terminal Giwangan ke Kemenhub. Penyerahan dapat dilakukan dengan berita acara.

Lihat selengkapnya di -->  tribunjogja.com
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »