Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Perpustakaan Khusus Tunanetra Di Jogja

Diposting oleh On 21.31.00 with No comments



Lenterajogja.com, Yogya -  Perpustakaan yang berlokasi di sekretariat Sentra Adovkasi Perempuan Difabel dan Anak (SAPDA) di Yogyakarta didirikan untuk memberikan kemudahan dan fasilitas khusus penyandang disabilitas.

Selain infrastrukturnya yang mempermudah ruang gerak para penyandang disabilitas, buku serta komputer yang tersedia di dalamnya juga bisa digunakan para tunanetra.

"Kami lebih memilih memberikan pelayanan dalam bentuk digital karena lebih ringkas dan mudah diakses," ujar Koordinator Program Perpustakaan Inklusi SAPDA Dinda Panji di sela-sela peluncuran perpustakaan di Yogyakarta," dilansir dari liputan6.com (16/6/2016).

Bentuk digital yang dimaksud meliputi mesin scanner berjenis Gestetner tipe MP2001SP serta komputer dengan program Jaws. Meskipun demikian, ada pula rak berisi 400-an buku.

Mekanismenya, setelah buku di-scan, file akan ditransfer dalam bentuk PDF ke program AbbyFindReader lalu dibuka dengan program Jaws.

Dinda mengungkapkan, perpustakaan ini diinisiasi SAPDA dan memperoleh bantuan buku dari pemerintah. Perpustakaan itu sengaja memprioritaskan layanan bagi kaum tunanetra. 

Pasalnya, 4.138 dari 35.189 penyandang disabilitas yang terdata di SAPDA Yogyakarta merupakan tunanetra. Menurut dia, para tunanetra memiliki minat baca yang sama dengan orang awam, hanya saja keterbatasan fasilitas menjadi kendalanya.

Perpustakaan yang beroperasi pada jam kerja Senin sampai Jumat ini, kata dia, juga mendapat dukungan dari Perpustakaan Kota Yogya, Perpusda DIY, Perpustakaan di Badan Sosial Mardi Wuto dan beberapa perpustakaan kampus ternama di DIY.

"Sejak 3 bulan berdiri sudah tercatat 40 anggota," tutur Dinda.

Semoga perpustakaan tersebut dapat bermanfaat bagi penyandang disabilitas yang mempunyai keinginan belajar. (ISD)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »