Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Musa Ingens : Pisang Raksasa Dari Papua

Diposting oleh On 16.41.00 with No comments



Lenterajogja.com, Yogya - Musa ingens merupakan pisang langka yang sangat dicari banyak orang pencinta pisang di dunia dan pisang tersebut ternyata tumbuh di wilayah tanah air ini. Kekayaan alam Indonesia seolah tak ada habisnya. Salah satunya adalah pisang raksasa dari Papua. Pisang ini dikenal dengan nama Musa ingens yang  konon artinya besar atau berlebihan. Pohon pisang raksasa ini bisa tumbuh setinggi 15 meter dengan diameter daun satu meter.

Dilansir dari myjunglegarden.com Musa ingens merupakan pisang langka. Pisang ini termasuk tumbuhan endemik, hanya tumbuh di hutan tropis dengan ketinggian daratan 1.350 - 1.800 meter dari permukaan laut 



Konon Musa ingens adalah pisang terbesar di dunia yang hanya bisa ditemukan di pengunungan Arfak, Papua Barat, Indonesia. Pengembangbiakan tumbuhan ini termasuk termasuk sulit. Tidak seperti pisang-pisang yang sering kita temui di kebon sekeliling rumah.

Karena langkanya, pisang ini banyak diburu para pecinta buah pisang. Konon menurut ahli gizi, buah ini cocok dimakan saat makan sahur.

Pohon pisang raksasa ini pertama kali ditemukan oleh Jeff Daniells pada tahun 1989. Pohon ini tumbuh liar dan sampai sekarang belum dibudidayakan. Perlu waktu lama untuk bisa berbuah.

Pisang raksasa yang daunnya dilapisi lilin ini bisa menghasilkan buah setandan seberat kurang lebih 60 kilogram. (ISD)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »