Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Jersey Timnas Inggris di Piala Eropa 2016 Ternyata Adalah Buatan Indonesia

Diposting oleh On 16.54.00 with 2 comments



Lenterajogja.com - Jersey Timnas Inggris di Piala Eropa 2016 Ternyata Adalah Buatan Indonesia. Sayangnya, harga kostum tempur The Three Lions lebih mahal dibandingkan bayaran para buruh yang membuat jersey tersebut. 

Inggris resmi meluncurkan kostum yang akan dipakai di Piala Eropa 2016 pada Maret tahun ini. Sama seperti ketika berlaga di Piala Dunia 2014, jersey skuat Tiga Singa masih diproduksi oleh perusahaan apparel asal Amerika Serikat, Nike.

Kostum Timnas Inggris ini rupanya tidak diproduksi di Eropa ataupun di Benua Amerika, melainkan dibuat di Indonesia, tepatnya di Kota Semarang. PT Grand Best Indonesia mendapatkan kepercayaan dari Nike untuk memproduksi jersey timnas Inggris.

Pembuatan jersey skuat Tiga Singa tersebut mendapatkan kritikan tajam. Seperti dilansir dari halaman The Sun, para pekerja di PT Grand Best Indonesia yang 93 persennya adalah wanita, hanya mendapatkan bayaran 95 penny per bulan, atau 165 poundsterling (Rp 3,1 juta) dengan jadwal kerja lima hari dalam seminggu.

Gaji yang diterima para pekerja terbilang rendah. Sebab, kostum timnas Inggris dijual dengan harga 60 poundsterling atau setara dengan Rp 1,1 juta. Itu artinya, buruh yang memproduksi jersey Inggris hanya bisa membeli dua kostum skuat asuhan Roy Hodgson tersebut.

"Itu hampir setengah gaji kami selama sebulan. Dengan uang Rp 1,1 juta, Anda bisa membeli laptop atau TV atau sepeda untuk anak Anda pergi ke sekolah," ujar salah seorang pekerja PT Grand Best Indonesia, Karina, seperti dilansir The Sun.

Jika dibandingkan dengan upah buruh di Inggris, bayaran para pekerja di PT Grand Best Indonesia selisihnya juga sangat jauh. Buruh di Inggris digaji 7,4 poundsterling perjam atau setara dengan Rp 143 ribu.

Meski demikian, bayaran para buruh di PT Grand Best Indonesia untuk ukuran Kota Semarang cukup besar. Upah Minimum Regional (UMR) Kota Semarang hanya mencapai angka Rp 1,9 juta. (ISD)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

Kok gak bisa di co-pas nii Mas? hee..hee..

Ivan Aditya : Anda belum beruntung berarti pak,. he he