Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Tips Mendeteksi Sofwer Mata-mata di Komputer

Diposting oleh On 18.46.00 with No comments

Gambar ilustrasi
Lenterajogja.com, Yogya - Bekerja dalam sebuah perusahaan pastilah tentunya seorang pekerja yang sering menggunakan komputer maupun laptop untuk menyimpan sebuah data-data penting. Jika Anda bekerja di sebuah kantor, terutama di lingkungan perusahaan, sangat mungkin komputer dan email Anda ada dalam pemantauan. Mungkin hal ini terdengar menyeramkan, tapi di sisi lain hal ini penting untuk alasan keamanan. 

Dengan memantau email, misalnya, lampiran yang mungkin saja mengandung virus atau spyware, dapat diblokir. Bahkan, bila Anda bekerja di lingkungan perusahaan, Anda harus mengasumsikan semua yang Anda lakukan pada komputer kerja Anda dapat dilihat.

Sebagaimana pernah dibocorkan Wikileaks, badan intelijen di seluruh dunia telah melakukan hal ini selama bertahun-tahun. Dan tentu saja, mereka melakukannya pada skala yang jauh lebih luas.

Kemajuan teknologi dalam kehidupan sehari-hari berarti perangkat lunak mata-mata tidak lagi terbatas pada domain dari badan intelijen. Buktinya, perangkat lunak mata-mata saat ini sudah tersedia secara komersial.

Perangkat lunak pihak ketiga
Perangkat lunak ini biasanya dikenal sebagai perangkat lunak kendali jarak jauh atau perangkat lunak komputasi jaringan virtual (virtual network computing, VNC). Melalui perangkat lunak ini, apa yang sedang Anda lakukan di komputer dapat dipantau. 

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah pergi ke All Programs dan lihat apakah sesuatu seperti VNC, RealVNC, TightVNC, UltraVNC, LogMeIn, GoToMyPC, dan sebagainya terpasang di komputer Anda atau tidak. Jika salah satu dari program ini terpasang, seseorang dapat terhubung ke komputer Anda tanpa Anda menyadarinya selama program ini berjalan di latar belakang.

Biasanya, bila salah satu program di atas terpasang, akan ada ikon yang mewakilinya di taskbar. Periksa semua ikon Anda dan lihat apa saja yang sedang berjalan. Jika Anda menemukan sesuatu yang asing, segera cari tahu, misalnya dengan melakukan pencarian di Google.

Memeriksa port
Langkah pertama sangat mudah dilakukan, bahkan bagi orang tanpa pengetahuan teknis sekalipun. Sekarang, bila Anda sudah memeriksa program yang terpasang, namun masih penasaran apakah seseorang tengah memata-matai Anda, selanjutnya Anda bisa memeriksa port di komputer Anda.

Tidak perlu khawatir, langkah ini juga cukup mudah. Port merupakan koneksi data virtual, yang memungkinkan komputer berbagi informasi atau data secara langsung. Jadi, jika ada software mata-mata pada komputer Anda, sebuah port bisa saja terbuka untuk memungkinkan transfer data.

Anda dapat memeriksa semua port yang terbuka dengan pergi ke Start, Control Panel, dan Windows Firewall. Kemudian klik pada 'Allow program or feature through Windows Firewall' di sisi kiri kotak. Ini akan membuka kotak lain dan Anda akan melihat daftar program dengan kotak centang di sebelahnya.

Program yang dicentang berarti 'terbuka', sedangkan yang tidak dicentang atau tidak terdaftar berarti 'ditutup'. Periksa daftar program tersebut dan lihat apakah ada program asing yang mirip dengan program VNC, remote control, dan sebagainya. Bila Anda menemukannya, Anda dapat menghentikannya dengan menghapus centang kotak.

Memeriksa TCP
Memeriksa port merupakan langkah penting dan dapat membantu dalam mengidentifikasi dan menghentikan software mata-mata. Namun, dalam beberapa kasus, software mata-mata hanya memiliki koneksi out bound ke server.

Pada Windows, semua koneksi out bound diizinkan. Artinya, tidak ada yang diblokir. Jika software mata-mata melakukan dua hal saja yakni merekam data dan mengirimkannya ke server, software tersebut menggunakan koneksi out bound dan tidak akan muncul di dalam daftar port yang disebutkan di atas.

Salah satu cara untuk memastikan hal ini adalah memeriksa Transmission Control Protocol (TCP). Protokol ini akan menampilkan semua koneksi dari komputer ke komputer lain. Terdengar sangat teknis? Tidak juga.

Untuk mempermudah, Anda dapat mengunduh program TCPView yang menampilkan semua koneksi TCP. Anda akan melihat kotak dengan beberapa kolom. Di sisi kiri adalah nama proses, yang menunjukkan program yang tengah berjalan. Anda akan melihat beberapa program seperti Mozilla Firefox (atau browser pilihan Anda), Antivirus, dan program lainnya. 

Lihatlah kolom 'State' dan Anda akan melihat proses yang termasuk Established. Ini menunjukkan adanya koneksi terbuka. Apa yang perlu Anda lakukan adalah melakukan filtering berbagai jenis program yang tidak Anda kenal dari daftar proses tersebut. 

Proses ini sangat mudah, Anda hanya perlu melakukan pencarian di internet untuk nama proses. Hasil pencarian akan memberi tahu Anda apakah proses tersebut aman atau tidak.

Selain itu, Anda juga dapat memeriksa kolom Sent Packets dan Sent Bytes, yang langsung mengidentifikasi proses yang mengirimkan sebagian besar data dari komputer Anda. Jika seseorang memantau komputer Anda, mereka harus mengirim data ke suatu tempat dan Anda seharusnya bisa melihatnya di sana.

Semoga tips diatas bermanfaat. (ISD)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »