Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Tips Cerdas Mengatasi Tukang Parkir Liar

Diposting oleh On 18.12.00 with No comments



Lenterajogja.com - Ada saatnya suatu hari pasti Anda akan mengalami hal yang membuat Jengkel dengan ulah oknum tukang parkir yang meminta upah diluar batas kewajaran karena itu juga bisa diartikan malak dengan dalih jasa parkir.

Banyaknya bermunculan parkir liar justru akan membuat kedua belah kubu akan merasa dirugikan, kedua kubu tersebut adalah sang pemilik usaha dan yang menjadi korban alias pemarkir. Bagi oknum tukang parkir yang tidak memiliki surat ijin resmi dari dinas perhubungan, bisa dikatakan adalah parkiran ilegal dan bisa dituntut secara hukum bila diperkarakan.

Tidak jarang walaupun parkiran tersebut sudah resmi tapi banyak juga yang meminta upah parkir tidak sesuai dengan yang tertera dikarcis parkir dan jaminan kendaraan yang telah kita parkirkanpun kadang tidak sesuai yang diharapkan, karena jika terjadi sesuatu terhadap kendaraan kita , mungkin lecet atau ada yang hilang, kadang mereka akan mengelak untuk bertanggungjawab.

Dibawah ini ada beberapa tips agar Anda paling tidak bisa mengurangi anggaran parkir dengan mensiasati para oknum tukang parkir liar yang tidak bertanggungjawab :

1. Belanja pada Toko / Supermarket / Warnet / Layanan Kebugaran / Tempat Wisata yang ada label bebas Parkir
Ada beberapa toko, supermarket, warnet, layanan kebugaran dan tempat wisata yang memberlakukan parkir tapi ada juga yang malah membebaskan parkir bagi para pengunjungnya. Jadi jika anda dapati Tukang parkir yang memungut biaya parkir jangan sekali-kali memberinya upah karena itu sudah kebijakan dari manajemennya sang pengelola usaha.

2. Sediakan Uang receh
Uang receh terbilang ampu mengelabui para tukang parkir liar karena jika uang yang anda berikan uang receh maka uang itu tidak akan dihitung atau malah meminta anda untuk tidak membaya parkir.
Jadi sediakan selalu uang receh dikantong anda ketika bepergian paling tidak mengurangi pengeluaran parkir anda. 

3. Minta Bukti Parkir Terlebih dahulu
Poin ketiga ini akan membebaskan anda 100% dari parkir karena para tukang parkir liar tidak memiliki struk bukti parkir dari PD parkir resmi yang mengelola parkir di kota tersebut. 

4. Meninggalkan Lokasi Parkir Segera Mungkin
Segera mengambil kendaraan dengan cepat dan meninggalkan tempat parkir. Jika anda dikejar atau ditanya maka katakanlah saya sedang terburu-buru ada urusan yang sangat penting. Tapi anda harus bersikap normal sehingga tidak mencurigakan seperti maling kendaraan.

5. Pura-pura nelpon atau menerima telepon
Anda bisa pura-pura menggunakan ponsel anda seakan-akan menerima telepon atau menelepon. Dengan begitu para tukang parkir akan melayani pengendara lain yang akan keluar dari tempat parkir jika suasana sudah kelihatan ada kesempatan segara cabut kendaraan anda dari tempat parkir itu. 

Semoga tips diatas dapat bermanfaat mengatasi masalah tukang parkir yang liar dan nakal yang pada dasarnya mereka tidak menjamin keamanan parkir kendaraan tapi hanya menginginkan upah dari pemilik kendaraan yang kadang-kadang meminta uang parkir diluar batas kewajaran. (ISD)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »