Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Polisi Ini Bekerja Merangkap Sebagai Pemulung

Diposting oleh On 08.57.00 with No comments

Seladi dibantu anaknya terlihat sedang memilah sampah/ foto : suara rakyat fans page

Lenterajogja.com, Malang - Kisah inspiratif kembali dilakukan oleh petugas Kepolisian. Polisi berpangkat Bripka bernama Seladi (58) memiliki kerja sampingan sebagai pemulung dengan tempat pengumpulan sampahnya di Jalan Dr Wahidin, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Rabu (18/5/2016).

Tumpukan sampah yang kotor dan bau menggunung dan memenuhi gudangnya. Bungkusan plastik kresek besar warna hitam itu masih harus dipilahnya, bersama putra keduanya, Rizaldy Wicaksono (23) yang juga tak kalah cekatan. 

Rumah yang dijadikan tempat pengumpulan sampah oleh Seladi adalah rumah seorang karib yang dipinjamkan. Rumah itu mulai digunakan sejak 2008, tetapi Seladi sendiri mulai menjadi pemulung sejak 2006.

"Sejak 2008, rumah ini dipinjami teman. Kalau dulu langsung dijual ke pengepul karena tidak ada tempat, sekarang dikumpulkan baru kemudian dijual," katanya.

Seladi saat menjalankan tugasnya sebagai Polantas/ foto : suara rakyat fans page

Awal menjadi pemulung, kata Seladi, saat melihat sampah menumpuk di Polresta. Suatu saat, dirinya datang ke pengepul rongsokan dan ternyata laku dijual.

"Saya melirik, wah ini rezeki juga. Jangan dibuang-buang. Buat sampingan tambahan. Intinya, dari pada dibuang-buang," katanya.

Seladi kemudian mengumpulkan sampah hanya di lingkungan Polresta Malang, tetapi setelah itu berkeliling-keliling kota. Setiap bak sampah ditengok untuk melihat barangkali ada barang yang masih digunakan. Kegiatan mencari sampah dilakukan di luar tugas, yaitu malam hari.

Dalam kesehariannya Seladi bertugas  sebagai polisi berpangkat Bripka di Satuan Lalu Lintas Unit Pelayanan SIM Polresta Malang.

Uniknya lagi Polisi berpangkat Bripka tersebut kerap menunjukkan kesederhanaannya dengan menggunakan sepeda onthel saat berangkat dan pulang kerja dari kantor Polresta Malang. (ISD)

Seladi menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi/ foto : suara rakyat fans page





Next
« Prev Post
Previous
Next Post »