Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Istana Air Tamansari Yogyakarta atau Water Castle

Diposting oleh On 08.00.00 with No comments


Lenterajogja.com, Yogya - Bangunan cagar budaya lain yang tidak kalah menarik diwilayah jogja adalah Istana Air Taman Sari Yogyakarta atau biasa disebut Water Castle. Bangunan ini juga tidak kalah menariknya dengan obyek wisata lainnya, karena biasa dijadikan obyek lokasi pemotretan model atau prewedding, selain itu para fotografer pemula banyak yang menggunakan lokasi ini untuk belajar.

Tamansari merupakan sebuah komplek sistematis yang lebih banyak menonjolkan artistik pada bagian kolam dan air. Keindahan lain ketika berjalan di sekitar Sumur Gemuling (Gumuling) dimana nilai artistik pada bagunan tersebut lebih banyak menunjukan sisi kesejukan air.

Tamansari kemudian banyak disebut sebagai Istana Air (water castle) yang karena nilai arsitektur dan keunikan pada lekukan bangunan dan air yang terisi dikolam kolam. Dalan sejarahnya yang disampaikan oleh beberapa orang yang menjadi guide Istana Air Tamansari menyebutkan bahwa Taman ini dipergunakan oleh Raja Mataram (Jogja) untuk melakukan mandi pada bulan-bulan tertentu. Ada sedikit kemistikan yang terjadi di sekitar area kolam kala itu. Ketika Raja hendak masuk ke Istana Air Tamansari maka disambut dengan musik gamelan yang dilagukan dari bangunan-bangunan kecil di kanan dan kiri yang ada di depan Istana Air Tamansari. Lalu ada upacara tertentu untuk menyambut Raja dan orang-orang yang hendak masuk ke Istana Air Tamansari.


Istana Air Tamansari ini dibangun ketika pada tahun 1758-1769 oleh Raja Mataram (Jogja) yang bernama Sultan Hamengku buwono I dan selesai pada pemerintahan Sultan Hameng Kubuwana II. Arseitek bangunan tamansari adalah seorang portugis maka tak heran arsitekturnya kental dengan nuansa Eropa. Kendati demikian tetap mempertahankan makna simbolik jawa. Komplek tamansari terdiri dari kolam besar, kanal air, kolam pemandian dan ruang-ruang khusus.

Menurut cerita tamansari adalah tempat pemandian bagi para raja yang berkuasa serta keluarganya. Selain itu ada juga bangunan sumur gemuling yang digunakan sebagai mushola untuk beribadah. Di sekitar tamansari ada sebuah lorong, konon lorong tersebut merupakan penghubung antara kraton dan pantai parangkusumo. Lorong tersebut digunakan untuk melakukan pertemuan antara Kraton dan Ratu Pantai Selatan yang dikenal Nyi Roro Kidul. Namun sekarang lorong tersebut sudah ditutup dengan alasan tertentu.

Walaupun kondisinya berbeda dengan ketika Istana Air Tamansari ini dibuat, namun kondisinya masih tetap terjaga dan masih nampak sebagian besar yang bisa menjadi simbol keunikan dan artistik dari bangunan tersebut.

Tamansari adalah bangunan yang memiliki multifungsi. Selain digunakan untuk peristirahatan tamansari juga digunakan untuk benteng pertahanan.



Walaupun tak seindah dan sesejuk ketika jaman dulu Istana ini dibuat, namun keunikan dan artistik dari bentuk bangunan Tamansari bisa menyenangkan dan eksotis untuk dinikmati.

Buat Anda yang ingin liburan ke jogja mungkin tempat ini bisa jadi referensi untuk dipertimbangkan, karena selain biaya masuk murah, bagus buat lokasi obyek berfoto. (ISD)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »