Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Bata Merah VS Bata Ringan, Mana yang Populer ?

Diposting oleh On 18.20.00 with No comments

gambar ilustrasi

Lenterajogja.com, Yogya - Membangun rumah atau merenovasi rumah adalah kegiatan yang terlihat sepele tapi diperlukan pertimbangan untuk menentukan beberapa komponen bangunannya.

Dalam hal tersebut si empu alias pemilik rumah harus jeli dalam menetukan material bahan yang harus digunakan. Material pokok sebagai bahan dasar bangunan utama untuk membuat dinding yaitu batu bata merah atau bata ringan.

Perbandingan batu bata merah dan bata ringan, kedua bahan material tersebut merupakan material yang umum digunakan untuk membuat dinding. Dua-duanya tergolong populer dan menjadi favorit untuk dijadikan bahan pembuat dinding, apalagi batu bata merah yang sekarang harganyapun naik akibat lonjaknya permintaan.

Perbandingan antara batu bata merah dan bata ringan Seperti dikutip dari Okezone.com, kedua jenis tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Batu Bata Merah

Jenis material ini memiliki kelebihan di antaranya tidak perlu keahlian khusus untuk memasangnya, ukuran yang kecil memudahkan ketika memasang, mudah membentuk bidang kecil, harganya murah, serta perekatnya tidak perlu yang khusus dan tahan terhadap api.

Sedangkan kekurangannya meliputi sulit untuk membuat pasangan bata yang rapi, dapat menyerap panas dan dingin, cenderung boros dalam menggunakan perekatnya, volume yang berat menjadi beban pada struktur bangunan.

Batu Bata Ringan (Hebel)

Berbeda dengan batu bata merah, batu bata jenis ini memiliki kelebihan di antaranya ukuran dan kualitas yang sama sehingga dapat menghasilkan dinding yang rapi, kedap air yang dapat meminamilisir rembasan air.

Selain itu juga kedap air dan kedap suara, dan mempunyai ketahanan yang baik terhadap gempa bumi.

Sedangkan kekurangannya terdapat pada ukurannya yang besar, untuk ukuran tanggung membuat sisa cukup banyak.

Selain itu juga membutuhkan perekat khusus, umumnya semen instan, yang harganya lebih mahal ketimbang semen biasa.

Batu bata ringan sendiri harganya juga lebih mahal ketimbang batu bata biasa dan perlu keahlian khusus untuk memasangnya.

Anda mau memilih mana? diantara bahan dasar pembuat dinding tersebut, karena keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. (ISD)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »