Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Tip Sederhana Mengatasi Tabung Gas LPG yang Mendesis "Ngeses"

Diposting oleh On 23.50.00 with 1 comment

Lenterajogja.com, Yogya - Bunyi mendesis atau oleh sebagian masyarakat disebut ngowos, ngocos, dan sebagainya biasanya adalah pertanda keluarnya gas dari dalam tabung karena karet seal atau karet shield tabung gas tak mampu menahan gas. Penyebabnya ada beberapa kemungkinan, di antaranya;

a. Karet Seal Tabung Gas atau karet shield tabung gas yang sudah aus atau terlalu tipis bahkan rusak semisal sobek dan sebagainya. Untuk mengatasinya cukup ganti karet seal tabung dengan karet yang baru atau lakukan dengan tip berikut biar lebih ngirit ;

     1.  Siap kan karet gelang potong sesuatu diameter lubang tabung.



     2.  keluarkan silnya.



     3.  masukan karet gelang yg udah di potong kedalam lubang tabung.


     4.  masukan kembali sil pada lubang tabung.
     5.  pasang ke regulator.


cek apakah tabung gas masih ngeses  apa tidak, jika masih ngeses, baru mengecek ketahap selanjutnya yaitu ke bagian regulator dan saluran instalasi, tapi jika cara diatas sudah bisa mengatasinya maka tugas anda berarti sudah selesai.

b. Regulator yang sudah dol atau longgar mungkin karena sudah aus atau tidak cocok dengan spinol tabung gas. Untuk penanganan ini cukup ganti regulator anda dengan yang baru, pastikan anda sudah mengganti karet shield nya terlebih dahulu untuk memastikan masalah bukan dari karet shield tabung.

c. Karena kebocoran instalasi, baik dari kebocoran instalasi maupun karena masalah karet shield biasanya bisa dideteksi dari terciumnya bau gas elpiji yang khas serta jika didengarkan secara seksama ada bunyi mendesis bahkan pada beberapa kasus bunyi ini cukup nyaring.

Semoga tips diatas bermanfaat, terimakasih.(ISD)











Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Terima kasih artikelnya sangat membantu....