Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Peran Tutup Pentil

Diposting oleh On 05.10.00 with No comments

Gambar Ilustrasi
Zonairwan.com, Yogya - Banyak yang meremehkan tutup pentil. Mereka menganggap part tersebut tidak ada manfaatnya. Padahal, anggapan tersebut sangat salah.

Pada dasarnya, fungsi tutup pentil sebenarnya adalah untuk melindungi beberapa bagian kecil seperti sil karet, penonjok, dan per. Bagian ini menjadi tempat keluar masuknya angin. Jika ingin mengeluarkan angin, maka tinggal tekan saja bagian ini.

Karena itu, jika tidak ada tutup pentil, maka ada kemungkinan angin bisa keluar secara tiba-tiba. Selain itu, tutup pentil juga mencegah ban kemasukan air dan kotoran. Untuk diketahui, ban bisa cepat getas dan bocor jika sering terkena air atau kotoran.

Dengan mengetahui fungsinya, maka para bikers tidak boleh lagi menyepelekan part yang berukuran mungil dan berbanderol sangat terjangkau ini. Pasalnya ban yang kurang angin berakibat banyak hal lainnya, misalnya tarikan lebih berat dan konsumsi BBM lebih boros.

Selain yang standar, saat ini ada pula tutup pentil dengan beragam bentuk yang menarik sehingga membuat motor semakin ciamik. Ada pula tutup pentil yang dapat mengukur tekanan udara sehingga Anda dapat terus memonitor kondisi ban. (ISD)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »