Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Mobil Listrik Karya UII Yogya Bisa Dikendalikan Dengan Smartphone Android

Diposting oleh On 04.04.00 with No comments


Zonairwan.com, Yogya – Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta menciptakan mobil listrik yang dilansir bisa menjadi mobil masa depan. Mobil ini diberi nama Kaliurang UNISI. Mobil ini mulai di kembangkan sejak September 2013 lalu.

Ada tiga alasan yang membuat mobil ini berpotensi untuk masa depan. Pertama, mobil ini tidak menggunakan bahan bakar minyak melainkan dengan listrik. Kedua, dalam rencana jangka panjang, listriki diperoleh dari energy yang terbarukan. Ketiga, mobil ini tidak beroperasi dengan system konvensional, melainkan menggunakan system operasi android,"  Beber Linda Mustika Ranny mahasiswa UII Jurusan Teknik industri 2013.

Sistem operasi Android memberi kemudahan dalam navigasi dan keamanan. Menggunakan system ini, mobil ini bisa parkir sendiri tanpa sopir, sopir hanya tinggal mengatur navigasi di smartphone. Selain itu, kalau mobil ini dicuri, bisa di matikan dari jarak jauh mengunakan sambungan GSM. Dan untuk mengontrol mibil dari jarak dekat bisa menggunakan sambungan Bluetooth dan wifi, ujar Linda.

Muhammad Fanriado, salah satu dari 8 orang anggota tim menjelaskan alasan mengembangkan mobil ini untuk menjawab sejumlah persoalan seperti mengurangi polusi dan emisi karbon. Mobil listrik berukuran 1,9 meter x 1,4 meter ini mampu berjalan dengan kecepatan maksimum 50 km/jam. Memiliki berat sekitar 400 kilogram, mobil itu bisa berjalan tanpa berhenti dengan kecepatan maksimum sejauh 10 kilometer, " lanjut Linda.

Untuk mengisi ulang baterai, dibutuhkan waktu sekitar 8 jam jika dimulai dari kondisi kosong. Daya pada baterai maksimal dapat digunakan untuk berkendara hingga 2 jam. Melihat kemampuannya, Kaliurang UNISI memang belum bisa digunakan sebagai alat transportasi sehari-hari. Namun, tim mahasiswa UII mengatakan akan terus mengembangkannya, tuturnya.

Anggota tim yang semula hanya terdiri dari 8 orang kini menjadi 40 orang. Tim akan mengembangkan generasi kedua dari Kaliurang UNISI. Salah satu yang digagas adalah baterai yang lebih mumpuni. Selain itu, mereka juga bekerja sama dengan Intel untuk membuat kontrol berbasis Android yang lebih responsif. Kedepannya tim hebat ini memiliki mimpi bukan hanya membuat mobil melainkan membuat alat transpotasi massal. Untuk itu pengembangan serius dan dukungan pemerintah, transportasi benar-benar bisa dikendarai di masa depan," Jelas Linda. (ISD)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »