Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Mengenal Makna Peringatan May Day 1 Mei 2016 di Jogja Mendatang

Diposting oleh On 03.06.00 with No comments

Gambar Ilustrasi

Zonairwan.com, Yogya - Tanggal 1 Mei 2016 Mendatang kita akan bertemu dengan May day, Apakah makna sebenarnya Mayday tersebut? zonairwan.com akan menjelaskannya.

Sejarah dan makna Hari Buruh Internasional / sedunia atau sering disebut dengan istilah May Day 1 Mei yang mana hari buruh sedunia selalu diperingati setiap tanggal 1 Mei 2016.

Sejarah Hari buruh – May day diperingati setiap tanggal 1 Mei dan menjadi hari nya para buruh internasional sedunia, dimana pada hari tersebut semua manusia diingatkan tentang sosok yang begitu penting dalam berjalannya suatu perusahaan atau sebuah industri yang membutuhkan jasa dan tenaga dari seorang manusia yang disebut dengan karyawan atau Buruh.

Sejarah Hari buruh atau May day sendiri berawal dari sebuah keluh kesah para karyawan di amerika sana yang menuntut pengurangan jam kerja yang dulunya berkisar 19-20 jam perharinya, selain itu mereka juga menuntut adanya jam lembur , tak hanya sampai disitu , aksi mogok kerja pun dilakukan untuk menyuarakan pendapat mereka . mereka menginginkan jam kerja dibatasi 8 jam saja dengan kriteria 8 jam kerja, 8 jam istirahat dan 8 jam rekreasi dalam sehari nya .

Dan penetapan tanggal 1 mei sebagai hari buruh Internasional sendiri diambil dari sebuah persitiwa karena pada tahun 1884 ada sebuah organisasi yang melakukan tuntutan delapan jam kerja di Amerika Serikat dan diberlakukan mulai 1 Mei 1886, " dikutip dari wikipedia (29/4/2016).

Di Indonesia sendiri, makna hari buruh itu sendiri buat kalangan buruh pun tak terlalu memiliki efek banyak dalam arti. Meskipun tak ada maupun adanya May day mereka tetap harus bekerja untuk mendapatkan upah, namun setidaknya satu hari itu mereka akan disebut sebut di penjuru dunia dengan diperingatinya hari buruh Internasional ini.

Banyak buruh di Indonesia khususnya di Jogja memanfaatkan hari buruh ini dengan berbagai aksi unjuk rasa di jalanan. Di Jogja sendiri aksi unjuk rasa sudah bisa ditebak dengan titik-titik orasi yaitu di kawasan Tugu Yogyakarta, di DPRD DIY jalan Malioboro dan Titik Nol Kilometer.

Selamat Hari buruh Internasional tanggal 1 Mei 2016, jadilah buruh yang jujur dan loyal meskipun atasan kadang kala bertindak tidak jujur dan peduli. Semoga menjadi buruh yang senantiasa jujur, loyal dan tetap bekerja sebaik mungkin untuk terus berkarya. (ISD)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »