Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Efek Buruk Jika Terlalu Sering Minum Air Lemon

Diposting oleh On 18.44.00 with No comments

Segarnya Air Lemon
Zonairwan.com, Yogya - Air Lemon merupakan minuman menyegarkan ketika diminum disaat terik matahari menyengat, air lemon juga merupakan salah satu buah yang sangat baik buat kesehatan. Terutama, untuk obat pelangsing atau detoksifikasi tubuh. Banyak para ahli yang menyarankan agar kita minum air lemon secara teratur agar kita bisa mendapatkan tubuh langsing saat diet. Tak hanya melancarkan program diet dan melangsingkan, vitamin C dan zat antioksidan dalam buah lemon juga dipercaya bisa bantu kita mencegah risiko kanker serta penyakit berbahaya lainnya.

Namun nih ya, diluar manfaatnya yang sangat baik dalam membantu program diet dan mencegah kanker serta sejenisnya, konsumsi air lemon secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang ternyata tidak baik buat kesehatan. Dikutip dari laman prevention.com, ada beberapa efek buruk yang akan kita rasakan ketika minum air lemon terlalu sering. Dan beberapa efek buruk tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

1. Perut Mulas
Efek pertama yang bisa kita rasakan adalah perut mulas. Ahli gizi yang bernama Jackie Ballou, RD mengatakan bahwa lemon adalah buah yang asam. Karena asam inilah, ia sering kali membuat sistem pencernaan tidak bekerja dengan baik dan menyebabkan mulas. Tak hanya mulas, terlalu sering konsumsi buah lemon juga rentan menyebabkan diare.

2. Erosi Gigi
Efek buruk selanjutnya adalah masalah erosi gigi. Para ahli menyebutkan jika zat asam yang terkandung di dalam buah lemon bisa mengikis gigi dan membuat gigi menjadi lebih sensitif. Tak hanya membuat gigi terkikis, efek buruk dari konsumsi buah lemon terlalu sering atau berlebihan adalah adanya iritasi selaput lendir hingga memicu sariawan.

3. Gangguan Asam Lambung
Untuk efek buruk yang ketiga, konsumsi buah lemon terlalu sering bisa menyebabkan gangguan asam lambung. Selain pedas, asam lambung juga sering kali terjadi akibat konsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam. Kandungan asam yang sangat tinggi di dalam buah lemon dikatakan bisa mengiritasi lapisan esofagus dalam lambung. Jika tak ingin gangguan asam lambung menyerang kamu, disarankan agar kamu konsumsi buah lemon secukupnya saja dan jangan terlalu sering.

4. Sering Buang Air Kecil Hingga Dehidrasi
Lemon merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C atau asam askorbat. Dikatakan, nutrisi ini bisa meningkatkan produksi urin di dalam ginjal. Jika kita minum lemon terlalu sering, maka produksi urin pun semakin meningkat dan kita pun akan semakin sering ingin buang air kecil. Untuk itu, sangat disarankan agar minum air lemon ini juga diimbangi dengan minum air putih yang cukup. Tak hanya menyebabkan sering buang air kecil, konsumsi buah lemon terlalu sering juga dipercaya bisa menyebabkan dehidrasi.

Beberapa efek buruk jika kita terlalu sering atau terlalu berlebihan konsumsi buah / air lemon. Agar konsumsi lemon tidak menyebabkan efek buruk buat kesehatan, usahakan agar konsumsi lemon ini secukupnya saja. Imbangi pula dengan konsumsi makanan atau minuman lain yang bisa membuat tubuh selalu sehat, bugar dan mengesankan. (ISD)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »