Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

8 Tipe Rekan Kerja Yang Wajib Anda Ketahui

Diposting oleh On 16.21.00 with No comments

Gambar Ilustrasi
Zonairwan.com, Yogya - Mencari pekerjaan terlalu sulit didunia pekerjaan saat ini, saat memasuki dunia pekerjaanpun Anda pasti akan menemui beberapa banyak ganjalan dilingkungan kerja, mungkin terkadang hati ini merasa kesal, sebal dan emosi jika kita bekerja dibuat dengan tidak nyaman, apalagi ketidaknyamanan itu datangnya bukan dari masalah pekerjaan tapi dari lingkungan sosial tempat kita bekerja seperti ; ejekan dari teman, fitnah dari teman , jegal-menjegal karier dan ajakan / pengaruh buruk yang membawa kita pada perbuatan dosa. Kadang akhirnya jalan terakhir adalah resign atau keluar dari pekerjaan. Namun apa yang terjadi?

Setelah kita resign dan bekerja di perusahaan yang baru kita menemui lagi kondisi seperti hal tersebut di atas. Jadi intinya dimanapun kita bekerja kita akan menemui kendala sosial yang sebetulnya sama saja hanya berbeda orang dan kondisinya saja. Lalu bagaimanakah kita harus menyikapinya?

Yang pertama kita harus mengetahui jenis-jenis rekan kerja kita, tipe seperti apakah mereka? Yang kedua, setelah kita mengetahui tipenya kita harus bisa menentukan sikap kita terhadap mereka, harus bagaimana kita bersikap kepada mereka? Yang ketiga kita harus bisa menerima dan diterima oleh mereka jika ingin tetap bertahan diperusahaan yang sekarang ditempati.

Zonairwan akan membahas tentang tipe-tipe rekan kerja, walaupun sifat-sifat manusia itu beraneka macam tapi intinya masih dapat dikategorikan dalam beberapa tipe, antara lain :

1. Penindas
Tipe jenis ini orangnya suka melakukan penindasan, tidak suka melihat keberhasilan atau sebuah prestasi kemajuan yang Anda dapat, dia akan terus berusaha menjatuhkanmu dengan berbagai cara, suka menyuruh-nyuruh, padahal mungkin posisi jabatannya sama dengan Anda karena  menganggap dirinya lebih senior/atau lebih lama bekerja dari Anda. Anda tak perlu takut menghadapi orang tipe ini. Lakukanlah perlawanan karena kita digaji oleh pimpinan bukan dia, jadi kenapa harus takut atau mengalah menuruti kemauannya, jika terjadi sesuatu hal yang buruk atas perintahnya kita sendirikan yang akan menanggung efeknya dan bisa-bisa pimpinan malah akan menyalahkanmu.

2. Pembuly
Orang ini suka sekali membuat anda merasa terusik dan tidak nyaman. Seperti kata dalam sebuah film "membuat Anda menderita adalah kebahagian saya". Setiap usulan atau ide dari Anda pasti akan dijatuhkannya, Tipe orang ini tidak bisa diajak untuk kerjasama dan bersahabat, karena yang ada dalam benaknya hanyalah dirinya sendiri, lebih dominan ke sifat egois dengan mengangap hanya dirinyalah yang berhak menjadi nomer 1. Anda tidak perlu takut, lakukanlah manuver-manuver cantik ketika dia mulai membulimu, jangan pernah mengalah dengan tipe seperti ini, karena ketika Anda mengalah orang ini akan semakin senang membulimu.

3. Pelawak 
Tipe jenis ini positifnya bisa menjadi penghibur dan teman yang bisa diajak tertawa terbahak-bahak, cenderung populer dan selalu menang tetapi negatifnya orang jenis ini bisa melukai kita dengan banyolan yang menyindir kita atau mengekspos kejelekan kita, bahayanya bisa memperburuk citra dan reputasi kerja kita di lingkungan kantor. Selama kamu orang kreatif kamu gak akan terkendala dengan orang macam gini karena kamu bisa membalas/ngeles dari kata-katanya yang menyudutkanmu. Tapi kalau kamu orang yang gagap dan kaku sebaiknya hindari orang macam ini, berurusan dengan dia hanya akan membuatmu makin sakit hati karena menganggap lawakannya tak lucu dan menjatuhkanmu.

4. Pendosa  
Orang macam ini target utamanya adalah materi, kesenangan dan nafsu, kecenderungannya mengajak kamu untuk melalukan sama dengan yang dia lakukan (cari teman / pendukung ) dan dia melakukan aksinya dengan cara yang tidak halal seperti korupsi, kolusi , dan menipu tidak jarang perilakunya cenderung Hedonis (Boros, ngumbar nafsu dan sok kaya) . kalau kamu juga anak yang nakal mungkin bukan masalah karena kamu bisa mengimbangi perilakunya, namun jika kamu orang yang lugu sebaiknya jauhi.

5. Ular Penjilat 
Orang macam ini positifnya bisa menyenangkan hati sang leader karena dia selalu memberikan informasi apapun tanpa filter sedikitpun sehingga sang leader bisa mengetahui sesuatu hal tanpa harus terjun ke lingkungan kerja secara langsung. Orang macam ini biasanya menginginkan Karier yang bagus, perhatian dan kepercayaan dari leader dengan cara apapun. Kalau anda orang yang kerjanya bener mungkin anda gak akan banyak bermasalah dengan orang ini, karena anda punya dasar dalam bekerja dan fokus pada pekerjaan anda namun jika anda orang yang di jam kerja hobi main game, suka tidur, suka kabur-kaburan, dugem n maksiat hati-hati dengan si "Ular" tanpa segan-segan dia akan melaporkan kejelekanmu pada atasan dan dia baru akan puas kalau kau sampai dipecat.

6. Raja Tikus  
Orang macam ini biasanya adalah seorang leader namun punya mental pengecut, ketika ada permasalahan anak buahnyalah yang dijadikan tumbal dan ketika anak buah sedang bermasalah si raja tikus tak berani untuk membela meskipun anak buah di posisi yang benar. Kalau kamu orang yang Dominan atau punya jiwa Pendobrak mungkin bukan masalah buatmu karena kamu dengan lantang akan berani membela diri di hadapan siapapun namun jika kamu termasuk orang yang suka memendam perasaan maka bersabarlah sampai pemimpinmu dimutasi atau sampai kamu di PHK.

7. "Kepo"ers :
Orang macam ini hobinya mau tau urusan kita dan tak jarang setelah tahu urusan kita dia akan mengumbarnya di depan umum, kalo kamu orang yang sifatnya terbuka mungkin gak begitu bermasalah namun jika kamu orang yang cenderung tertutup kamu akan merasa risih dan emosi, kamu merasa kehidupan pribadimu dicampuri orang lain . kalo memang kamu gak suka sama orang model begini sebaiknya jauhi dia, jaga semua privasimu dari orang model begitu agar kamu bisa nyaman dalam bekerja.

8. Best Friend 
Mungkin dia tak kau temui di awal kamu bekerja, namun seiring berjalannya waktu kamu menemui orang ini karena mungkin memiliki banyak kesamaan seperti Hoby, karakter, nasib dan jenis pekerjaan. Orang seperti ini sebaiknya kau jaga perasaannya dan kau bela jika sedang bermasalah karena dia juga yang akan membelamu jika kamu ada dalam masalah.

Itulah jenis  tipe rekan kerja kita di kantor yang wajib Anda ketahui, beberapa coretan diatas sengaja tulis berdasarkan pengalaman saya baik melalui obrolan diskusi bersama rekan maupun pengalaman saya sendiri di lingkungan kantor, 

Harapan saya kalian bisa tetap semangat bekerja dan selalu cerdas dalam menghadapi situasi dan keadaan dilingkungan kerja karena semua  sebenarnya kembali kediri Anda sendiri dalam menyikapi segala sesuatunya. (ISD)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »