Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Teror Sinar Laser di Jogja

Diposting oleh On 01.35.00 with No comments

Gambar Ilustrasi
Zonairwan.com, Yogya - Laser hijau atau disebut green laser adalah suatu cahaya yang sangat tajam dan sangat bahaya jika terkena langsung oleh mata.  Tapi saat ini laser ini sangat mudah diperjual belikan bahkan di pinggir jalan pun mudah untuk di temui dan dijual dengan harga yang cukup murah sekali tanpa mengetahui apa bahayanya.  Laser ini sangat berbahaya jika terkena langsung oleh mata bisa mengakibatkan kebutaan sesaat. Tapi banyak oknum yang tidak bertanggung jawab sengaja mengarahkan laser itu ke arah muka seseorang atau ke pesawat tanpa mengetahui apa hal fatalnya.  Jika laser itu di tembakan ke arah muka seseorang atau mata copit pilot maka akan menyebabkan penglihatan akan terganggu.

Dijogja belum lama ini muncul teror laser yang lagi buming, seperti penembakan iseng warga secara acak sinar laser ke arah pesawat yang mengudara di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang bisa berbahaya terhadap aktivitas penerbangan dijogja terutama di kawasan  lanud Adi Sutjipto Yogyakarta yang membuat geram pihak TNI AU dengan meminta pihak kepolisian untuk mencari pelaku teror laser tersebut.

Bahaya Laser Bagi Penerbangan
Sebelum melakukan penerbangan malam penglihatan pilot dikondisikan dengan di masukan dalam satu ruangan dengan lampu seluruhnya berwarna merah supaya pilot bisa beradaptasi dengan kegelapan ketika terbang. Bayangkan saja saat pilot mau take off atau landing tiba-tiba di tembak laser maka pilot akan merasa silau sekali dan pandangan kabur karena medan pandang di udara lebih luas sehingga mengakibatkan ruangan copit menjadi sialau dan akan mengakibatkan hal yang sangat fatal.  Hal yang mudah dilakukan untuk menetralkan mata ketika terkena sinar laser atau sinar yang sangat kuat adalah dengan cara memejamkan mata tapi tidak memungkinkan pilot untuk memejamnkan mata pada waktu diatas.  Kondisi pesawat paling berbahaya adalah saat take off dan landing. Maka jangan sekali kali mengarahkan laser ke pesawat karena akan berkibat fatal yaitu  kecelakaan.  Mari bersama jaga keamanan dunia penerbangan di Jogja.

Curhat warga jogja korban sinar laser
Salah satu keluhan warga jogja di akun facebok de'Sari Widianingrum mengatakan bahwa kemarin malam (18/3/2016), telah menjadi korban aksi penyalah gunaan laser sekitar pukul 22.40 WIB saat dia lewat malioboro. sampai di depan gedung agung ada yang mainan laser warna hijau. kebetulan nyerempet mata dia. "ujarnya.

sempat nggliyer lur, di lampu merah dia berhenti rasanya pusing di kepala bagian belakang. pelan-pelan dia naik kendaraan lagi sampe rumah, masih agak pusing dan kadang masih keliatan sinar ijo-ijo sama mata dia."ujarnya".

Saran penulis buat siapa saja yang suka main laser, tolong perhatikan cara penggunaannya. Gunakanlah secara bijak dan bermanfaat.(ISD)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »