Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Kenapa Indomaret dan Alfamart Letaknya Sering Berdekatan

Diposting oleh On 02.10.00 with No comments

Gambar Ilustrasi
Zonairwan.com, Yogya - Perusahaan pengelola minimarket Alfamart dan Indomaret sepertinya mengalami perkembangan pesat. Lihat saja di setiap jalan kota Yogyakarta pasti kedua brand minimarket ini tampak berdiri dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Ditambah lagi, kedua merek ini memiliki model visual yang hampir mirip seperti lampu terang benderang dan neon box besar di depannya. Warna brand yang ditampilkan pun selaras. 

Pertanyaan umum di masyarakat Yogyakarta yang sering terdengar adalah bagaimana bisa mereka mendirikan cabang di lokasi yang hampir berdekatan. Tentu saja membuat konsumen bingung untuk berbelanja mengingat produk yang dijajakan pun sama.  

Alasannya tersendiri kenapa dua minimarket ini saling berdekatan:

1. Memiliki Pangsa Pasar yang Sama
Tak dipungkiri, kedua minimarket ini memiliki pangsa pasar yang sama, yaitu golongan orang-orang yang ingin praktis dalam berbelanja dan sedikit memiliki gengsi. Berbelanja di minimarket lebih bergengsi dibanding warung kelontong pinggir jalan meskipun barang yang dibeli sama. Biarpun harga yang ditawarkan lebih mahal dibanding warung kelontong biasa, konsumen di perkotaan lebih memilih kepraktisannya. Ditambah dengan fasilitas kartu kredit dan ATM yang biasanya ada di dalam minimarket Alfamart dan Indomaret. 

2. Menjual Produk yang Seragam 
Tak ada bedanya produk-produk yang dijual di dua minimarket ini. Hal yang membedakan adalah promo dan diskon yang jadi daya tarik konsumen. Selebihnya, hampir tidak ada yang berbeda. Bila kamu sedang berjalan-jalan di daerah ramai di perkotaan dan menemukan kedua minimarket ini dengan jarak yang berdekatan, cobalah masuk ke Alfamart dan lihat bagaimana susunan display produk-produknya. Kemudian masuklah ke Indomaret dan lihat kembali display produknya. Kamu seperti sedang berada di tempat yang sama dengan perbedaan yang sangat tipis. Warna identik biru dan warna identik merah. 

3. Berada di Pusat Keramaian
Entah siapa yang memulai, bahwa minimarket Alfamart dan Indomaret adalah laron bagi keramaian. Dimana ada keramaian maka di situ mereka akan berdiri. Dan anehnya, selalu ada tempat yang bisa dijadikan lahan untuk mendirikan masing-masing cabang. Sepertinya semua itu tak lepas dari campur tangan masyarakatnya yang memang mendukung tumbuh suburnya kedua minimarket ini di suatu wilayah.
 
Diluar dari strategi marketing tiap minimarket, kita sebagai masyarakat menyumbang izin terbesar dari berkembangnya kedua minimarket ini sehingga tumbuh subur. Akses 24 jam dari minimarket ini memang menguntungkan saat kita dalam keadaan terdesak dan membutuhkan sesuatu, tapi dampak negatifnya tentu saja merusak pasar warung kelontong masyarakat kecil. Dari membeli air mineral di pinggir jalan, karena ada minimarket maka konsumen lebih memilih ruangan terang, sejuk, dengan alunan musik hanya untuk membeli sebotol air mineral dingin. Jadi sebenarnya yang membuat kedua minimarket ini tumbuh subur di tempat yang hampir berdekatan adalah masyarakat sendiri. (ISD)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »