Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Kejahatan Cyber, Incar BBM

Diposting oleh On 00.14.00 with No comments


 Zonairwan.com, Yogya - Maraknya banyak penipuan dengan meretas akun-akun medsos mulai dengan facebook, instagram kerap dijadikan seseorang yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan pribadi yang merugikan orang lain. Kini pelaku kejahatan cyber crime mulai merambah ke BlackBerry Messenger (BBM).

 MODUS CRACKING BBM
     Aksi cracking ini dilakukan oleh pelaku awalnya dengan membobol akun email yang menjadi akun BlackberryID korban. Namun, tidak semua akun email BlackberryID dapat diretas. Hanya akun email yang menggunakan hotmail.com dan msn.com saja yang dapat diretas oleh sang Cracker. Sebab kedua akun tersebut tidak melakukan konfirmasi melalui nomor telepon pemilik akun, oleh karenanya sang Cracker bebas untuk berkali-kali mencoba mengganti password email sampai akun email berhasil dibobol. Berbeda dengan email yang menggunakan yahoo.com dan google.com pelaku tidak bisa meng-cracknya, karena kedua akun email tersebut melakukan konfirmasi melalui nomor telepon pemilik akun email.
Gambar pembobolan akun email
     Dengan membobol akun BlackberryID korban, secara otomatis pelaku dapat mencuri semua data-data yang ada pada BBM korban mulai dari foto, kontak BBM dan jejak perbincangan yang tersimpan dalam chat history. Dalam sekejap, BBM korban menjadi BBM pelaku cracking yang dapat terhubung dengan semua kontak yang ada pada blackberry korban. Tanpa mengganti profil picture, personal message atau recent update di BBM pelaku meluncurkan aksi kejahatannya. Karena dengan begitu para rekan korban yang terhubung dalam kontak BBM tidak akan menyadari jika profil BBM korban telah berpindah tangan. Namun jika rekan korban yang terhubung dalam kontak BBM melihat pin BBM tersebut, kemungkinan mereka akan mengetahui bahwa nomor pin yang sudah di cracking akan berbeda dengan nomor pin sebelumnya.

      Selama ini pelaku Cracing BBM menjalankan aksinya untuk menipu rekan-rekan korban dengan sangat mulus, awalnya pelaku mencoba untuk mengirim pesan personal kepada rekan korban atau bahkan melakukan broadcast message kesemua rekan korban yang ada dalam kontak BBM untuk meminta transfer sejumlah uang dengan nominal yang tidak sedikit. Dan kebanyakan orang-orang yang dipilih oleh pelaku adalah orang-orang yang terlihat dekat dengan sang korban karena sebelumnya pelaku sudah mempelajari semua jejak conversation yang tersimpan dalam chat history, hal ini juga dilakukan pelaku agar bisa mengikuti gaya bahasa korban. Setelah rekan korban sudah terperdaya oleh aksi pelaku, pelaku kemudian meminta untuk segera mentransfer uang ke nomor rekening pelaku. Nomor rekening yang digunakan merupakan rekening dari kartu ATM yang sudah tidak digunakan lagi namun masih aktif, yang telah dibeli oleh pelaku dari pemiliknya atas dasar kerjasama. Hal ini dilakukan agar tindak kejahatan yang dilakukan sulit untuk dilacak.
Gambar cara pelaku menipu rekan korban
     Biasanya rekan korban baru menyadari bahwa dirinya telah tertipu ketika mereka mengkonfirmasi langsung kepada korban pemilik akun BlackberryID atau ketika mereka ingin mengirim pesan kepada pelaku yang mereka tahu itu adalah rekannya dan ternyata mereka malah dikejutkan dengan pemberitahuan bahwa pin BBM rekannya itu telah di-crak pelaku kejahatan cyber crime.

Gambar notifikasi pin BBM tidak bisa dihubungi
CONTOH KASUS
     Aksi  cracker menyasar BBM ini dialami oleh Ical, seorang konsultan human resources. Profil BBM Ical berhasil di-hack pelaku, tanpa disadari oleh semua rekan dan kerabatnya yang terhubung di BBM-nya.
Pelaku lalu meminta uang kepada kakak Ical dan mertua Ical melalui BBM. Karena biasa saling mentranfer uang, kakak Ical, Frans tanpa ragu mentransfer uang Rp 7,5 juta ke nomor rekening BNI yang diminta pelaku. Begitu juga dengan mertua Ical yang mengirim uang Rp 9,7 juta.
"Total kerugian yang dialami kakak dan mertua saya, adalah Rp 17,2 juta. Mereka mengira uang itu dikirim ke saya, padahal saya tidak minta uang sama sekali. Ternyata tidak hanya saya yang mengalami kejadian ini, teman saya DI, juga mengalami hal serupa dengan kerugian Rp 20 juta," papar Ical.

HUKUM YANG TERKAIT (CYBER LAW)
     Berdasarkan tindak kejahatan yang dilakukan oleh pelaku maka kasus ini tergolong dalam tindakan perusakan, penipuan, dan pencucian uang. Adapun pasal-pasal yang dapat menjerat pelaku diantaranya yaitu:
1.     UU RI No.11 Tahun 2008 Tentang ITE Pasal 28 Ayat 1
Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik.
2.     UU RI No.11 Tahun 2008 Tentang ITE Pasal 45 Ayat 2
Setiap orang yang memenuhi unsur sebagimana dimaksud dalam pasal 28 ayat (1) atau ayat (2) dipidana penjara paling lama 6(enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 1.000.000.000,00 (satu milyar rupiah).
3.     Pasal 378 KUHP Tentang Penipuan
Barang siapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, dengan memakai nama palsu atau martabat palsu, dengan tipu muslihat, ataupun rangkaian kebohongan, menggerakkan orang lain untuk menyerahkan barang sesuatu kepadanya, atau supaya memberi hutang rnaupun menghapuskan piutang diancam karena penipuan dengan pidana penjara paling lama empat tahun.

CARA MENGHINDARINYA
     Kejahatan-kejahatan dalam ranah Cyber Crime seperti ini memang sulit untuk dihentikan, namun ada beberapa cara agar kita dapat terhindar dari kejahatan-kejahatan semacam ini, diantaranya yaitu:
1.    Gunakan akun email yang dianggap paling aman saat ini
2.    Mengganti password akun email secara berkala
3.    Jangan langsung percaya pada hal-hal yang diberitahukan melalui sosial media
4.    Konfirmasi secara langsung pada orang yang bersangkutan

"Semoga beberapa coretan diatas dapat menjadikan rekan-rekan untuk selalu berhati-hati, berusaha memprotek diri dan waspada terhadap berbagai macam bentuk kejahatan sebelum kejahatan tersebut menimpa kita".
Sumber :  
http://www.tribunnews.com/metropolitan/2014/02/08/awas-hacker-mulai-incar-bbm
http://pleasuremakers.blogspot.co.id/2014/04/penipuan-melalui-blackberry-messanger.html
http://m.detik.com/tv/readvideo/2014/03/23/121608/140323006/120626597/waspada-penipuan-lewat-broadcast-message
http://criminalita-informatica.blogspot.com/2013/05/undang-undang-yang-mengatur-tentang.html
http://www.tribunnews.com/metropolitan/2014/02/08/kasus-hacker-bbm-polisi-periksa-saksi-pekan-depan 

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »