Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Demo Hak LGBT di Jogja Sempat Memanas

Diposting oleh On 03.37.00 with No comments


Zonairwan, Yogya - Polisi Polresta Yogyakarta di back up Anggota Polsek jajaran dilaporkan melaksanakan pengamanan massa aksi pro-demokrasi di sekitar Tugu Yogyakarta, Selasa siang, 23 Februari 2016 sekitar pukul 14.30 WIB.

Gambar Kombes Prihartono EL Sedang Berdialog
Kepala Polresta Yogyakarta Kombes Prihartono Eling Lelakon mengatakan pihaknya tak memberikan izin pada massa yang tergabung dalam Solidaritas Perjuangan Demokrasi (SPD) untuk menuju ke titik lokasi aksi di Tugu Yogyakarta.
Alasannya?
Menurut Prihartono, demi mencegah terjadi gesekan antar kelompok masyarakat yang pro dan kontra terhadap isu kaum lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT).
"Kami tak mengizinkan karena memang waktunya yang tidak tepat. Kalau massa aksi ini bersedia geser besok pagi, maka kami akan ijinkan dan berikan pengamanan penuh," kata Prihartono seperti dikutip Kedaulatan Rakyat.
Gambar Polisi sedang Bersiaga di Mc Donald Abu Bakar ali Yogyakarta
Aksi SPD ditujukan untuk “merebut kembali ruang demokrasi dan lawan gerakan anti-LGBT, rasis, fasis dan represif/menindas,” .
Aksi tersebut juga merupakan sikap “melawan penyebaran kebencian dan kekerasan yang mengancam demokrasi”.
Gambar Tulisan Spanduk Penolakan LGBT
Namun, menurut Polisi, lokasi unjuk rasa di titik nol Kota Yogyakarta tersebut sudah diduduki oleh Forum Umat Islam (FUI), yang menolak LGBT.
Gambar Anggota FUI yang Menduduki Tugu Yogyakarta
Dalam aksi demo tersebut sempat terjadi aksi dorong-dorongan antara pihak Kepolisian dengan pendemo pro LGBT di Halaman parkir Mc Donald Abu Bakar Ali Yogyakarta. Aksi saling dorong reda ketika pasukan Brimob turun kelapangan. (ISD)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »