Sebuah Berita Inspiratif dan Info Terkini dari Jogja

Tips Bersepeda Malam Hari

Diposting oleh On 06.06.00 with No comments



Bersepeda di waktu pagi, siang atau sore hari pada jalan raya yang rata di perkotaan memang merupakan kegiatan yang mengasyikan, apalagi di saat hari libur. Namun di waktu gelap pun tak jarang menjadi waktu yang tepat dan memunculkan keasyikan tersendiri. Tetapi harus hati-hati, pesepeda juga harus memahami aturan kendaraan bermotor. Sebab, meskipun berbeda, sepeda melaju seperti layaknya kendaraan bermotor. Nah, untuk mencegah kecelakaan di jalan raya atau insiden lainnya saat bersepeda, berikut beberapa tipsnya,

Periksalah sepeda apakah sudah aman untuk dikendarai. Seperti memeriksa ban, rem, rantai, serta yang tak ketinggalan adalah Aksesoris Lampu Sepeda sebagai modal penerangan. Aksesoris Fixie seperti lampu sepeda yang dipakai pun juga harus lebih dari dua, satu lampu berwarna putih untuk bagian depan dan satu lagi berwarna merah untuk bagian belakang.
Pastikan juga sorotan lampu bagian depan cukup jauh. Normalnya, jarak pandang pesepeda harus bersih atau dapat tersorot sejauh 150 meter. Selain bagian belakang, pedal pun disarankan yang memiliki reflector sebagai pemantul cahaya. Fungsinya agar visibilitas pesepeda dapat terlihat secara utuh dan kendaraan lain dibelakangnya dapat menjaga jarak.
Setelah itu, pakailah Helm sepeda beserta Baju yang berwarna terang. apabila tidak memiliki baju berwarna terang, pesepeda dapat mengakalinya dengan mengenakan jaket atau rompi yang memiliki reflektor. Dan selanjutnya yang perlu dipahami dan dipelajari adalah Rute bersepeda di malam hari yang mengasikan yang akan anda lalui.
Demikianlah tips bersepeda di jalan raya saat malam hari yang mungkin bermanfaat buat anda. selamat beraktifitas dan salam gowes..
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »